Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo menunjuk citra satelit. 

Tak Terdampak El Nino dan IOD tapi Waspada Kebakaran Lahan

Probolinggo – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa hari yang lalu mengeluarkan imbauan akan dampak El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) akan berdampak berkurangnya curah hujan. Meski di Kota Probolinggo tidak begitu berdampak, namun BPBD mengingatkan warga terkait kebakaran lahan.

Fenomena El Nino sendiri sejatinya telah terjadi sejak bulan Maret, yang ditandai dengan mulai masuknya musim kemarau di sejumlah wilayah Indonesia. Namun memasuki bulan Juni diprediksi akan terjadi fenomena Indian Ocean Dipole (IOD).

IOD merupakan fenomena osilasi suhu air permukaan laut yang tak teratur yang menyebabkan wilayah barat Samudra Hindia lebih hangat (di fase positifnya) dan lebih dingin (di fase negatifnya) dibandingkan wilayah timur Samudra Hindia.

Kombinasi fenomena El Nino dan IOD ini diprediksi akan terjadi pada semester kedua 2023 dan akan masuk ke wilayah Jawa Timur. Sehingga akan berdampak berkurangnya curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

“Terkait fenomena ini, untuk di Kota Probolinggo tidak begitu berdampak untuk kekeringan, namun di siang hari suhu akan mengalami peningkatan rata-rata 2 hingga 5 derajat dibanding suhu normal,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, Jumat (9/6/2023).

Peningkatan suhu di Kota Probolinggo akibat El Nino dan IOD ini terjadi pada bulan Juni. Selain itu berdampak bertiupnya angin kencang yang melanda Probolinggo.

Karena itu warga Kota Probolinggo diimbau waspada akan kebakaran lahan dan berpotensi cepat membesar karena angin yang berembus kencang.

“Imbauan kami kepada warga Kota Probolinggo untuk tidak bakar-bakar sampah, apalagi membakar semak-emak untuk membuka lahan, mengingat angin yang bertiup cukup kencang, sehingga dengan sedikit api yang membakar lahan, potensi kebakaran yang lebih besar bisa terjadi,” kata Sugito Prasetyo. (*)

Baca Juga  Terungkap, Ternyata ini Penyebab Hawa Panas di Teras Rumah Warga Kota Probolinggo

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …