LATIHAN: Jet Tempur F-16 TNI-AU saat latihan di langit Lumajang tahun lalu. (foto: dok)

Sukhoi hingga F-16 TNI-AU Bakal ‘Serbu’ Lumajang Akhir Pekan ini

Lumajang,- Untuk menguji kesiapan operasi, TNI Angkatan Udara (AU) akan menggelar latihan Air War Show Sikatan Daya 2023, di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang.

Latihan Air War Show Sikatan Daya tersebut akan berlangsung pada Jumat, 26 Mei 2023. Dengan demikian, langit Lumajang akan dihiasi dengan pesawat tempur TNI AU.

Ragam pesawat tempur rencananya akan didatangkan ke kota pisang. Seperti Sukhoi SU 27/30, F-16 Fighting Falcon, T50i Golden Eagle, EMB-314 Super Tucano, C-130 Hercules, Casa NC 212i, Heli NAS 332 Super Puma, hingga Heli SA-330 Puma.

“Jumat, tanggal 26 Mei 2023 akan digelar Air War Show Sikatan Daya tahun 2023 di AWR Pandanwangi. Latihan ini bisa dilihat oleh semua masyarakat Lumajang,” kata Yuli Harismawati, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Rabu (24/05/2023).

Meski terbuka untuk masyarakat umum, namun akan ada titik tertentu yang dilarang bagi masyarakat untuk disaksikan. Sebab ada beberapa titik yang dinilai berbahaya bagi masyarakat yang ingin melihat atraksi pesawat TNI AU.

Sedangkan Pedagang Kaki Lima (PKL) bisa berjualan di semua jalan Jalan Lintas Selatan (JLS). Namun, para pedagang harus tertib dan tidak buang sampah sembarangan.

“Sementara untuk pengunjung, akan disediakan lokasi parkir yang nanti dikelola oleh pemerintah desa setempat,” Yuli menjelaskan.

Yuli berharap, latihan Air War Show Sikatan Daya, bisa menjadi spot wisata bagi militer yang latihan di kawasan Kabupaten Lumajang. Latihan tersebut biasanya digelar satu tahun sekali di Kabupaten Lumajang.

“Saya berharap ini menjadi wisata unggulan Kabupaten Lumajang, karena latihan TNI AU digelar rutin setiap tahunnya disini utamanya di kawasan pantai Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Pengunjung Air Terjun Madakaripura Meningkat Tajam

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …