DIKEBUT: Perbaikan jalan menggunakan truk Alphomain di wilayah Kecamatan Besuk beberapa waktu lalu. (foto: dok)

Perbaikan Jalan di Kab. Probolinggo Terus Dikebut

Probolinggo,- Proses perbaikan jalan hingga saat ini masih terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Sejumlah titik jalan yang rusak mendapatkan atensi untuk segera diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat, Hengki Cahjo Saputra mengatakan, pengerjaan perbaikan jalan masih terus dilakukan, mulai titik jalan di wilayah barat, tengah, maupun timur Probolinggo.

Di titik jalan wilayah barat, ada ruas jalan Jorongan Kecamatan Leces – Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan. Panjang jalan di lokasi ini mencapai 2,2 km, perbaikannya menggunakan cara tambal sulam.

“Pemeliharannya berupa tambal sulam karena masuk kriteria kerusakan ringan,” katanya, Minggu (21/5/2023).

Ia mengatakan, dalam proses perbaikannya di titik jalan yang berada di wilayah barat, ada alat ‘babby warles’ yang digunakan. Sementara, untuk wilayah timur, menggunakan truk alphomain.

“Di timur ada jalan Paiton-Glagah, ada juga Kandangjati – Besuk,” ujarnya.

Hengki menambahkan, pihaknya memang sudah membuat program pemeliharaan jalan secara rutin. Sehingga kerusakan jalan tidak semakin parah.

Ia pun berharap, masyarakat dapat ikut menjaga keawetan jalan. Salah satunya dengan tidak membawa muatan yang berlebihan.

“Jalan di sini masuk dalam Kelas III yang tonasenya maksimal delapan ton. Harapannya kalau kendaraan lebih delapan ton tidak melewati jalan-jalan di Kabupaten Probolinggo. Sebab selama ini kerusakan jalan paling banyak dikarenakan oleh kelebihan tonase,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Probolinggo Kerap Mati Listrik, Warga Ngaku Rugi

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …