Mulai Karat, Kontruksi Jembatan Sidomukti Diganti

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jembatan jalan raya pantura, tepatnya di Kelurahan Sudomukti Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, kembali diperbaiki. Perbaikan dilakukan karena 4 balok baja penahan jembatan, ditemukan karat.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan National (BBPJN) VIII Andhika Tommy mengatakan, perbaikan jembatan mutlak dilakukan karena 4 balok baja yang sudah karat berbahaya bagi pengguna jalan. sebab jika dibiarkan, kontruksi jembatan bisa ambruk.

“Sekarang masih dalam proses pergantian balok itu. Kalau baloknya itu nanti sudah diganti, baru kemudian akan dilanjutkan dengan pengaspalan lagi,” ucap Andhika, Minggu (25/11/2018).

Perbaikan tidak hanya disisi timur melainkan juga jembatan sisi barat. Hal itu lantaran keempat balok baja tersebut berada di kedua sisi jembatan. “Namun pergantian tak bisa dilakukan sekaligus, sebab akan memotong jalan jalur pantura. Jadi untuk sementara diterapkan contra flow,” cetus Andhika.

Saat ditanya terkait daya tahan balok penyangga yang baru, Andhika mengklaim bahwa balok baja baru mampu bertahan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

“Namun dalam setiap tahunn, itu bakal dilakukan pengecekan terhadap kekuatan dan kondisi balok. Jika nantinya pada tahun kedua sudah karat lagi, maka kami bakal kembali menggantinya dengan yang baru,” lanjutnya.

Dimulai pekan lalu, perbaikan kontruksi jembatan ditargetkan selesai sebelum hari natal nanti, atau pada minggu terakhir bulan Desember. “Kami berharap, para pengguna jalan bisa memaklumi dan lebih berhati-hati saat melintas area tersebut,” tutup Andhika. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efedi Muhammad

Baca Juga  Kurang Setuju Karaoke Ditutup, Ini Alasan Kadin Kota Probolinggo

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …