Lukman Hakim saat mengecek tanaman tembakaunya pada tahun lalu.

Jelang Musim Kemarau, Petani Diimbau Segera Tanam Tembakau

Probolinggo – Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo mengimbau para petani tembakau untuk segera melakukan penanaman. Pasalnya, dalam beberapa hari ke depan, musim hujan sudah akan berganti ke musim kemarau.

Kepala Disperta setempat Mahbub Zunaidi mengatakan, prediksi datangnya musim kemarau tersebut diperolehnya setelah melakukan koordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Sedangkan, penanaman tembakau memang cocok dilakukan pada saat musim kemarau

“Sebaiknya saat ini petani segera tanam tembakau sesuai prakiraan cuaca dari BMKG. Karena akhir Mei sudah mulai musim kemarau,” katanya, Jumat (19/5/2023).

Imbauan ini ia berikan bukan terkait datangnya musim kemarau saja. Pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah gudang terkait jadwal bukanya. Sehingga, pada masa panen nanti, gudang-gudang yang ada sudah siap menampung hasil tembakau petani setempat.

“Untuk jadwal bukanya gudang, itu menyesuaikan dengan waktu panen petani,” paparnya.

Sementara itu, Lukman Hakim, petani di Desa Sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaanyar mengaku, saban tahun di daerahnya memang selalu mengawali masa tanam tembakau dibandingkan daerah lainnya. Bahkan, tanaman tembakau di salah satu lahan sawah miliknya, kini sudah ada yang berusia 14 hari.

“Sudah banyak yang tanam di sini, punya saya saja sudah setengah bulanan,” ujarnya.

Ia pun berharap, pada saat panen nanti, pihak gudang sudah siap untuk membeli tembakaunya. Sebab, pada tahun sebelumnya, pada saat dilakukan pemanenan, belum ada gudang yang buka.

“Semoga saja tidak seperti tahun lalu, masa panen masih belum buka gudangnya,” harapnya.(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Dewan Desak Pemkab Probolinggo Lebih Aktif Soal Virus Corona

Baca Juga

Budidaya Kambing Ras Senduro Lumajang, Hobi yang jadi Bisnis Menggiurkan

Lumajang,- Kawasan lereng Semeru Lumajang, tak hanya memiliki kekayaan alam melimpah. Disamping itu, juga memiliki …