SOSIALISASI: KPU Kota Pasuruan menggelar sosialisasi pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu Tahun 2024, beberapa waktu lalu. (foto: dok)

Belum Ada Bacaleg Daftar, KPU Kota Pasuruan ‘Warning’ Parpol

Pasuruan,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan telah membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif (bacaleg) selama lebih dari sepekan. Namun, hingga Selasa (9/5/2023), belum ada satu pun partai politik (parpol) yang menyodorkan daftar bacalegnya. 

Anggota KPU Kota Pasuruan, Helmi menjelaskan, KPU telah memberikan link jadwal pendaftaran kepada 18 parpol peserta pemilu 2024. Namun, hanya delapan parpol yang telah mengisi jadwal.

Meski berkas pendaftaran dapat diunggah ke SILON (Sistem Informasi Pencalonan), namun ada beberapa dokumen fisik yang harus diserahkan langsung ke kantor KPU. Seperti model B pengajuan dan B daftar calon, serta lampiran persetujuan dari DPP.

“Parpol yang telah mengisi jadwal pendaftaran dijadwalkan akan mendaftar ke KPU pada tanggal 12, 13, dan 14 Mei,” kata komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan ini.

KPU Kota Pasuruan mengimbau agar parpol tidak mendaftarkan bacaleg di masa injury time. Sebab hal tersebut akan membuat parpol tidak memiliki waktu yang cukup jika harus memperbaiki dokumen pendaftaran.

“Jika parpol mendaftar pada masa injury time dan dokumen pendaftaran tidak lengkap, maka konsekuensinya adalah bacaleg tersebut akan dicoret karena tidak ada waktu untuk memperbaiki dokumen pendaftaran,” wantinya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Duet Jokowi-Amin, Menang Telak di Genggong

Baca Juga

Balon Independen Bakal Ramaikan Pilwali Kota Probolinggo, ini Visi Misinya

Probolinggo,- Sosialisasi Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo di …