Foto: Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Zamroni. (foto: Ali Ya'lu).

Puluhan Warga Probolinggo Pilih Coblos di Luar Negeri, ini Penyebabnya

Probolinggo,- Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih akan digelar sembilan bulan lagi, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo sudah memastikan, puluhan warga akan menggunakan hak suaranya di luar negeri.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Zamroni mengatakan, kepastian itu didapat setelah pihaknya melakukan rapat via zoom meeting dengan ratusan penyelenggara pemilu yang berada di luar negeri. Zoom meeting dilakukan di Bali pada beberapa waktu lalu.

“Warga Indonesia yang berada di luar negeri itu banyak sekali, di negara konflik seperti Suriah ada 600-an. Namun, khusus warga Probolinggo, hanya 67 yang ada di luar negeri,” kata Zamroni, komisioner yang menggawangi Divisi Data tersebut, Minggu (7/5/2023).

Dari jumlah tersebut, mayoritas memilih untuk menggunakan hak suaranya di luar negeri. Sehingga, pihaknya terpaksa mencoret datanya sebagai pemilih yang akan menggunakan hak suaranya di Kabupaten Probolinggo.

“Jadi yang memilih menggunakan hak suaranya di luar negeri, maka di sini (Probolinggo, red) kami TMS (Tidak Memenuhi Syarat, red)-kan. Begitupun yang memilih nyoblos di sini, maka yang di luar negeri yang di-TMS-kan,” urainya.

Roni, panggilan akrab Zamroni mengungkapkan, dari jumlah tersebut, hanya satu orang yang memilih pulang ke tanah air dan menggunakan hak suaranya di Probolinggo.

Sehingga, dengan kondisi ini, dapat dipastikan pemilih dari Kabupaten Probolinggo yang akan menggunakan hak suaranya di luar negeri berjumlah 66 orang.

“Satu orang pulang, yang bersangkutan bekerja di Riyadh (Arab Saudi, red). Itu pun karena visanya akan berakhir pada Desember 2023 nanti, jadi memang harus pulang,” ungkapnya.

Sementara ini, pihaknya masih terus melakukan perbaikan Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP).

Targetnya, pada saat penetapan nanti, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada sesuai dengan jumlah penduduk yang sudah memenuhi kriteria untuk memiliki hak suara pemilu.

Baca Juga  Besok, Gus Ipul-Mas Adi Dilantik sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Pasuruan

“Besok DPS HP pleno di tingkat desa, tanggal 10 tingkat kecamatan, dan tanggal 12 di kami sebelum akhirnya diajukan sebagai DPT,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Setelah Ramdanu dan Mas Dion, Giliran Gus Mujib Daftar Bacabup ke PKB

Pasuruan,- Mantan Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib, mendaftarkan diri sebagai …