APRESIASI: Bupati dan Wakil Bupati Lumajang saat hadiri halalbihalal pegiat pendidikan anak usia dini di Pendopo Arya Wiraraja. (foto: Asmadi)

Genjot Pendidikan Sejak Usia Dini, Cara Pemkab Lumajang Tingkatkan IPM

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menempuh berbagai upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayahnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu garda terdepan dalam upaya meningkatkan derajat pembangunan manusia di Bumi Arya Wiraraja.

Menurutnya, IPM atau human development index adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

“Kami optimis, Insya-Allah tahun ini kita bisa menaikkan IPM di Lumajang, bahkan ranking kita di Jawa Timur,” ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat mengisi acara Halalbihalal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, IGTKI, HIMPAUDI, PKBM se-Kabupaten Lumajang di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (5/5/2023).

Cak Thoriq mengucapkan terima kasih kepada para guru PAUD dan guru TK yang telah mendidik anak sejak usia dini, serta para pengajar di PKBM yang telah memberikan pendidikan lewat kejar paket.

Menurutnya, hal itu menjadi salah satu langkah penting sehingga IPM di Kabupaten Lumajang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Rasa hormat kami buat anda semua yang hadir di acara ini, sangat luar biasa karena telah mendidik pada anak usia dini, itu istimewa dan para gurunya juga istimewa,” terangnya.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menambahkan, ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh guru PAUD dan TK yang hadir pada acara tersebut. Sebab kekompakan dan semangatnya dalam mendidik generasi muda, utamanya pada anak usia dini, layak diacungi jempol.

“Demi membahagiakan guru KB dan TK, kami berikan apresiasi,” ujar Bunda Indah, begitu ia biasa disapa.

Baca Juga  Stok Melimpah, Daging Sapi Aman Hingga Lebaran

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Lumajang, Wiwid Widyaningsih mengatakan, halalbihalal yang digelar merupakan upaya untuk menjalin tali silaturahim antara Dinas Pendidikan dan kebudayaan Lumajang, IGTKI, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) dan (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-kabupaten Lumajang agar semakin solid dan terus semangat dalam mencetak generasi muda yang berkualitas, tangguh dan hebat.

“Kami bertekad membangun soliditas organisasi, sehingga kerja sama tidak terbatas hanya pada ceremonial saja, tetapi kami akan selalu membangun harmoni demi menyiapkan anak-anak yang memiliki daya saing kemudian hari,” pungkasnya. (**)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …