REWARD: Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, saat memberikan penghargaan kepada pegiat pendidikan. (foto: Asmadi)

Pesan Wabup Lumajang dalam Hardiknas Tahun 2023, Guru Harus Jalankan Tiga Dimensi ini

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, di Alun-alun Kota Lumajang, Selasa (2/5/2023) pagi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati atau Bunda Indah berpesan, agar para pelajar tidak patah semangat dalam meraih cita-cita.

“Anak-anaknya bunda, raihlah cita-citamu setinggi langit, bagi yang tidak berkemampuan secara ekonomi, negara mulai dari pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat telah menyediakan beasiswa bagi anak-anak pelajar,” katanya.

Bunda Indah juga berpesan kepada anak didik yang masih duduk dibangku SMP, SMA maupun yang sudah belajar di perguruan tinggi agar tidak patah semangat

“Jauhi narkoba dan seluruh barang-barang haram yang dilarang oleh agama, karena itu akan menyesatkan kalian, percayalah anak-anaknya bunda adalah anak-anak yang tangguh, jangan patah semangat, selamat meraih mimpi kalian kalian adalah anak-anaknya bunda yang hebat,” ujarnya.

Bunda Indah juga menyampaikan, bahwa pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, seluruh peserta upacara harus mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di seluruh bumi pertiwi ini.

Hal itu dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa dengan simbol Bhinneka Tunggal Ika. Bunda Indah mengharapkan agar generasi muda bangsa Indonesia mampu merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Hari ini kita mengenakan pakaian adat suku bangsa seluruh Indonesia, artinya banyak suku tapi satu, banyak bahasa tapi satu, beragam budaya tapi satu, bermacam agama tapi satu, oleh karena itu kita harus tanamkan kesatuan persatuan demi negara Indonesia tercinta,” paparnya

Pesan lain dari Bunda Indah adalah agar para siswa semangat menyongsong tantangan masa depan yang semakin beragam dan sulit. Untuk mencetak anak-anak yang unggul, hebat dan tangguh, diperlukan mental dan usaha yang keras.

Baca Juga  Libur Lebaran, 43 Mobil Dinas Pemkot Probolinggo Dikandangkan

“Untuk itu, saya meminta agar para guru menjalankan Tiga Dimensi, yakni Dimensi Ketuhanan, Kepimpinan dan Kedisiplinan,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan bagi Penghargaan Guru Penggerak, Pengajar Praktik, Fasilitator, Guru Berprestasi dan Piagam Siswa Berprestasi. Penghargaan Guru Penggerak bagi Angkatan 5 berjumlah 78 guru, Penghargaan Pengajar Praktik bagi Angkatan 5 berjumlah 11 guru jenjang PAUD, SD dan SMP Negeri dan Swasta serta Penghargaan Fasilitator Guru Penggerak 7 orang dari unsur pengawas.

Kemudian, Piagam Penghargaan Kepala Sekolah Dedikasi Tinggi Pemanfaatan Platfor Merdeka Mengajar (PMM) kepada Amin Tri Khasana Kepala SMPN 1 Candipuro. Piagam Penghargaan Guru kepada Erik Tri Widyanto. Piagam Siswa Berprestasi kepada Audrey Felicity Hadi Siswoyo peraih Medali Emas Matematika OSN jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun 2022.

Selanjutnya, ada Piagam Siswa Berprestasi kepada Aluna Asyifa, peraih Medali Perunggu Matematika pada OSN jenjang Sekolah Dasar Tahun 2022. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …