Pemkab Probolinggo Siapkan Gedung Sekolah untuk Karantina Pemudik

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, meninjau sejumlah lokasi yang dipersiapkan sebagai tempat karantina bagi para pemudik, Minggu (4/4/2020). Salah satu lokasi karantina yang ditinjau adalah SMP Negeri 2 Kraksaan.

Tantri menyebut, sistem karantina bagi pemudik yang berlaku sejak dinihari pukul 00.00 tadi, berjalan sesuai harapan. Satgas Covid-19 di masing-masing kecamatan, dijelaskannya, sudah sanga siap melakukan proses karantina.

“Jadi, siapapun yang akan berkunjung ke Kabupaten Probolinggo, akan diarahkan ke tempat isolasi di setiap kecamatan yang dituju. Tempatnya beragam, bergantung pada resources (Sumberdaya, red) yang ada di masing-masing kecamatan,” jelas Tantri.

Dari 24 kecamatan, sambungnya, ia telah menerima laporan dari masing-masing satgas terkait kesiapan tempat karantina atau isolasi. Hampir 90% tempat isolasi menggunakan aset lembaga sekolah.

“Apakah itu (lembaga) SD dan SMP, ini akan terus berproses. Insyaallah setiap kecamatan sudah siap, manakala ada orang yang akan diisolasi sesuai dengan kesepakatan selama 14 hari,” tutur istri Hasan Aminuddin ini.

Sebelum meninjau lokasi karantina di SMP Negeri 2 Kraksaan, Tantri menyempatkan diri meninjau sebuah hotel di Kecamatan Gending. Hotel ini bersama 3 hotel lainnya, akan menjadi tempat transit sebelum pemudik dibawa ke lokasi karantina.

“Hotel hanya transit sementara selama sehari saja. Setelah itu pemudik dipindahkan ke sekolah yang menjadi tempat karantina di setiap kecamatan,” pungkasnya.

Diketahui, Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menerapkan check point dan isolasi selama 14 hari bagi warga yang hendak mudik ke Kabupaten Probolinggo. Kebijakan ini diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Probolinggo. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publihser : A. Zainullah FT


Baca Juga  Selain 17 Tersangka, 4 Pejabat Pemkab Juga Diperiksa KPK

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …