Kapolsek Sumberasih dan Kades Banjarsari koordinasi terkait perlintasan (istimewa).

Gandeng Desa Banjarsari, Polres Cegah Kecelakaan di Perlintasan KA

Probolinggo – Pasca kecelakaan kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Banjarsari, Polres Probolinggo Kota pada Rabu malam (13/04/23) bergerak dengan berkoordinasi dengan pihak desa. Dari koordinasi tersebut, perlintasan tanpa palang pintu tersebut untuk segera dibuatkan palang pintu disertai petugas secara swadaya.

Koordinasi antara Polres Probolinggo Kota melalui Kapolsek Sumbetasih, AKP Agus Santoso, dengan Kepala Desa Banjarsari Abdul Wahid, ini di gelar di rumah Kades Banjarsari. Dalam koordinasi ini, dibahas terkait solusi kecelakaan di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Banjarsari tidak terjadi.

“Karena perlintasan kereta api tak berpalang pintu ini berbahaya, dan jika tidak segera dicegah, jumlah korban akan terus meningkat,” ujar Kapolsek Sumberasih, AKP Agus Santoso.

Terkait hal ini, pencegahan terjadinya ini dapat dilakukan dengan pemasangan palang pintu di perlintasan sebidang. Atau dengan merekrut warga untuk menjadi penjaga perlintasan kereta api dengan dana yang bisa dicarikan dengan cara swasembada masyarakat.

“Dengan cara pencegahan serta dengan cara tersebut, ke depan agar kejadian tersebut tidak terulang kembali,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Banjarsari, Abdul Wahid mengatakan, di desanya terdapat lima perlintasan. Satu perlintasan dilengkapi palang pintu, sedangkan empat perlintasan lainnya hanya disertai rambu dan jam kereta melintas, yang dipasang oleh PT. KAI.

Selain itu pada bulan Maret lalu jajaran pemerintah Desa Banjarsari sudah diundang pihak terkait bahwa tahun depan akan dipasang dua palang pintu di perlintasan di Desa Banjarsari.

“Jadi nantinya, untuk perlintasan yang tidak ada palang pintu akan dijaga swadaya oleh masyarakat dengan anggaran swadaya masyarakat,” ujarnya.

Dan Jumat besok, pihak desa bersama jajaran PT. KAI akan kembali melaksanakan rapat koordinasi sebagai upaya agar ke depan tidak ada lagi kecelakaan yang terjadi di persimpangan rel kereta api khususnya di Desa Banjarsari. (*)

Baca Juga  Januari-Desember, Damkar Pemkot Probolinggo Tangani 206 Kejadian

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …