KERJA KERAS: Petugas Damkar Kota Probolinggo menyemprot ruko yang terbakar. (foto: Hafiz Rozani)

Ruko Pasar Baru Probolinggo Terbakar, Pemilik Sempat Terjebak

Probolinggo,- Sebuah rumah-toko (ruko) aneka makanan beku (frozen food) di Jalan Tjut Nya’ Dien di kawasa Pasar Baru, Kota Probolinggo terbakar, Sabtu malam (8/04/23). Pemilik ruko yang sempat terjebak berhasil selamat melalui pintu belakang ruko.

Informasi yang berhasil dihimpun PANTURA7.com, kebakaran ini diketahui sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu, asap muncul dari celah pintu ruko serta jendela lantai tiga toko.

Warga yang mengetahui kejadian itu melapor ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo.

Tak lama kemudian dua unit mobil damkar tiba. Namun, karena di dalam terdapat dua pemilik terjebak, petugas sempat kesulitan saat hendak membuka pintu. Sehingga petugas terpaksa merusak pintu ruko.

Setelah berhasil membuka pintu, petugas kemudian menyemprot bagian dalam ruko yang terbakar. Saat petugas hendak mencari keberadaan pemilik ruko, ternyata keduanya berhasil keluar melalui pintu belakang. Yakni, Pemilik Toko Ely Krisnawati (70) dan Candra Gunawan (38).

“Saat itu saya bersama anak saya sedang di dalam, tiba-tiba sekitar pujul 23.00 WIB, terlihat asap tebal hingga mengakibatkan pandangan gelap, setelah sadar terjadi kebakaran. Saya dan anak saya menyelamatkan diri melalui pintu belakang lantai dua ruko, dan memanjat genteng,” ujar Krisnawati.

Akibat kebakaran tersebut, freezer tempat menyimpan makanan beku hingga dua motor matik dan motor sport, serta sejumlah barang yang ada di dalam ruko ludes dilalap api.

“Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta. Terdiri dari dua motor, serta barang-barang termasuk makanan frozen yang baru ngulak,” imbuh Krisnawati.

Api berhasil dipadamkan oleh petugas satu jam kemudian. Meskipun api berhasil padam, petugas damkar tetap melakukan penyemprotan, untuk mengantisipasi api kembali muncul.

Baca Juga  Benda Mirip Mercon Meledak Diatas Rumah, Warga Bingung

Kepala Dinas Satpol PP, Linmas dan Damkar Kota Probolinggo, Pujo Agung Satrio mengatakan, petugas mendapat laporan sekitar pukul 23.13 WIB. Kemudian ditindaklanjuti dengan mengerahkan dua unit truk damkar.

“Petugas sempat mendapat info dua orang berada di dalam toko. Selain itu petugas kesulitan memadamkan api lantaran pintu ruko terkunci. Namun beruntung dua orang yakni pemilik ruko dan anaknya berhasil keluar melalui pintu belakang dan api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Penyebab pasti kebakaran ruko ini masih diselidiki oleh tim penyidik Polres Probolinggo Kota. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …