Salah satu petani garam di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Hingga April, Produksi Garam di Probolinggo Belum Dimulai

Probolinggo – Intensitas hujan tinggi yang sering terjadi hingga saat ini membuat produksi garam di Kabupaten Probolinggo terganggu. Hal ini pun membuat masa produksi garam lokal tertunda atau mundur dari biasanya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo, Hari Pur Sulistiyono mengatakan, idealnya masa persiapan produksi garam ini memang dilakukan pada awal April. Kemudian pada akhir April sampai awal Mei sudah bisa mulai produksi.

Sehingga panen mulai bisa dilakukan pada bulan Juni. Kemudian puncak panen bisa terjadi pada bulan Juli – September.

“Masih turun hujan, belum ada lahan garam yang produksi. Kemungkinan Mei baru bisa mulai melakukan persiapan produksi,” katanya, Jumat (7/4/2023).

Ia menjelaskan, kondisi cuaca memamg membuat petani garam di Kabupaten Probolinggo yang tersebar di sejumlah kecamatan mulai Dringu, Gending, Pajarakan, Kraksaan, hingga Paiton tak bisa berproduksi. Sebab petani setempat memang masih sangat mengandalkan sinar matahari dalam proses kristalisasi garam.

Sehingga, saat kondisi sering mendung dan berpotensi hujan, maka petani enggan memproduksi garam lantaran potensi gagal panen cukup tinggi. Ia menyebut, petani sudah paham, kapan saat yang tepat untuk memproduksi garam.

“Tentunya kalau cuaca terik, petani garam pasti berlomba-lomba mulai memproduksi garam,” ucapnya.

Sebagai informasi, Diskan setempat mendapat target produksi garam dari Pemprov Jatim sebesar 12 ribu ton. Jumlah tersebut masih sama dengan tahun sebelumnya.

Pada 2022 dengan target 12 ribu ton, yang terealisasi 3.244 ton. Pada 2021 targetnya 22 ribu ton dengan capaian 6 ribu ton. Dan pada 2020 dengan target 22 ribu ton, capaiannya 12 ribu ton. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Buang Gengsi, Polisi di Pasuruan Bantu Istri Jualan Salad Buah

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …