Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim.

Tak Ada Batasan Usia, Jemaah Berusia 100 Tahun di Lumajang Bisa Berangkat Haji

Lumajang,- Jemaah calon haji tahun ini di Kabupaten Lumajang mencapai 855 orang. Dari ratusan jemaah itu, ada jemaah lanjut usia (lansia) yang disebut-sebut berusia 100 tahun.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim. Menurutnya, jemaah yang berusia 100 tahun itu akan mendapatkan pendampingan khusus.

“Jumlah calon jamaah haji lansia Lumajang 49 orang, di antaranya ada jamaah yang berusia 100 tahun. Dari jumlah jamaah lansia tersebut, petugas kami yang mengawal lansia ada 5 orang di kloter itu. Serta 3 orang tenaga kesehatan,” kata Muslim, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (30/3/2023).

Dijelaskannya, di Kabupaten Lumajang tahun ini total 855 jemaah calon haji. Adapun jadwal keberangkatan ke tanah suci, masih dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

“Hingga saat ini kami terus meningkatkan pelayanan kepada para calon jamaah. Para petugas dimulai dari sekarang sudah mempersiapkan langkah-langkah untuk mereka ketika sedang melaksanakan ibadah haji. Juga melakukan koordinasi dengan KBIH serta petugas haji agar mengetahui sejak dini tentang kondisi para jamaah lansia,” ungkapnya.

Muslim menambahkan, pada tahun 2023 ini pembatasan usia jemaah calon haji sudah dihapus. Tidak ada lagi penetapan syarat keberangkatan hanya untuk usia di bawah 65 tahun.

Padahal sebelumnya, aturan ini diberlakukan terutama saat pandemi Covid-19 melanda, tak terkecuali di Indonesia dan Arab Saudi.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Plasi Bawang Merah Tinggi, Petani Menjerit

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …