NORMALISASI: Alat berat diterjunkan untuk normalisasi Sungai Kertosono. (*)

Kerap Meluap, Pemprov Jatim Normalisasi Sungai Kertosono

Probolinggo,- Intensitas hujan kembali meningkat sejak memasuki awal bulan ramadhan di Kabupaten Probolinggo. Untuk mencegah terjadinya banjir, sungai Kertosono pun dinormalisasi.

Sungai tersebut merupakan sungai yang kerapkali meluap jika hujan deras dengan durasi yang cukup lama. Normalisasi sungai dinilai sebagai solusi guna mencegah terjadinya banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra mengatakan, normalisasi sungai Kertosono merupakan kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur.

Maka dari itu, pihaknya mengusulkan kepada Dinas PU SDA Jatim secara tertulis, agar sungai yang membelah wilayah Kecamatan Krejengan dan Kraksaan itu segera dinormalisasi.

“Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo telah mengajukan usulan untuk dilakukan kegiatan normalisasi Sungai Kertosono oleh Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur,” jelas Hengki, Senin (27/3/23).

Normalisasi sungai, menurut Hengki, memang merupakan kegiatan prioritas Pemprov Jatim, untuk menanggulangi terjadinya banjir di daerah, tak terkecuali di Kabupaten Probolinggo.

“Normalisasi di Sungai Kertosono juga menjadi prioritas Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur. Karena ketika hujan lebat turun beberapa kali, mengakibatkan banjir,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga  Waspada! Ini Jalur Rawan Laka dan Kriminal Sepanjang Tongas hingga Kota  Probolinggo

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …