MARKA: Petugas memasang marka jalan untuk memperlambat laju pengguna jalan. (foto: Ainul Jannah)

Tekan Lakalantas, Pemkab Probolinggo Tebar Marka Jalan

Probolinggo,- Untuk menekan kecelakaan lalulintas (lakalantas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pasang sejumlah marka jalan, mulai dari zebra cross softline hingga pita kejut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, Taufik Alami mengatakan, pihaknya memasang marka jalan pita kejut di tiga titik. Yaitu dua titik di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, dan satu titik di wilayah Kecamatan Tegalsiwalan.

Ketebalan marka pita kejut tersebut sekitar enam milimeter (mm) yang terbuat dari aspal. Ketebalan marka pita kejut yang dipasang ini berbeda dengan marka jalan lain yang tebalnya hanya sekitar tiga mm.

Menurutnya, dengan adanya marka jalan berupa pita kejut maupun zebra cross, dapat mengurangi kecepatan pengendara. Selain itu bisa mencegah rasa ngantuk ataupun lelah saat berkendara.

“Dari Banyuwangi ke Surabaya itu capeknya di Probolinggo. Sebaliknya dari Surabaya maupun Jakarta yang mau ke Banyuwangi rata-rata capeknya masuk Probolinggo di daerah Tongas, sehingga banyak sekali kejadian laka lantas,” kata Taufik, Sabtu (25/3/23).

Disebutkan Taufiq, untuk memasang marka jalan di tiga titik itu, Pemkab Probolinggo merogoh anggaran senilai Rp175 juta lebih.

“Pemasangan marka jalan pita kejut serta zebra cross dan softline ini menjadi satu paket dengan total anggaran mencapai Rp175 juta,” pungkasnya.

Sementara pita kejut yang berada di sepanjang Jl. Raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan, menurut Taufik, tidak dilakukan oleh pihaknya. Melainkan kebijakan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

“Yang dari kami itu zebra cross di depan Polres Probolinggo, depan kantor Kecamatan Kraksaan dan di depan Kantor Bupati,” urai mantan Camat Gading ini. (*).

Editor: Mohamad S
Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga  Jenazah Ditangani ala Prokes, Warga Mayangan Ngamuk

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …