Kondisi Gunung Bromo sepi saat bulan puasa.

Wisatawan Sepi saat Puasa, Pemilik Jip Servis Kendaraan

Probolinggo – Selama bulan Ramadhan kunjungan wisatawan di seluruh daerah sepi tak terkecuali di kawasan Gunung Bromo. Sepinya wisatawan ini dimanfaatkan pemilik jip wisata untuk perbaikan (servis) armadanya.

Hal tersebut disampaikan pemilik jip, Sony Wahyu. Dikatakan pada bulan Ramadhan tahun ini kunjungan wisatawan dipastikan akan turun, seperti tahun sebelumnya. Wisatawan biasanya hanya datang di akhir pekan.

“Mulai sepinya wisatawan di bulan Ramadhan ini terjadi saat Nyepi kemarin, kemudian di minggu pertama, hingga minggu ketiga bulan Ramadhan,” ujarnya, Kamis (23/03/2023).

Sony mengatakan, pada bulan Ramadhan tahun ini sama seperti bulan Ramadhan tahun kemarin. Yang mana maksimal dalam satu minggu maksimal tiga hingga lima jip yang melayani tamu, itu pun saat akhir pekan.

Sepinya wisatawan yang datang ke Gunung Bromo biasanya di manfaatkan pemilik jip untuk perbaikan armadanya, upgrade penambahan aksesoris, hingga uji kir. Sehingga jika wisatawan kembali normal, jip dapat melayani wisatawan dengan prima dan nyaman.

Diprediksi, wisatawan yang datang ke Bromo akan kembali meningkat H-7 lebaran, hingga h + 7 lebaran, bertepatan dengan libur sekolah dan libur pegawai.

“Prediksi wisatawan tahun ini di libur lebaran akan jauh lebih meningkat daripada tahun kemarin, yang dimulai dari libur sekolah hingga libur pegawai,” imbuh Soni.

Hal senada disampaikan Khoirul Umam, yang juga pemilik jip wisata Bromo. Ia menyampaikan, selain dipergunakan untuk perbaikan, sepinya wisatawan ini membuat sebagian sopir jip beralih ke pekerjaan lain. Namun jika musim liburan tiba, mereka akan kembali menjadi sopir jip.

“Kalau penurunan wisatawan mencapai 50%, jadi sopir jip ini banyak yang berpindah pekerjaan, mulai dari berdagang, bertani, dan pekerjaan lain. Namun mereka akan kembali menjadi sopir jip saat masuk libur lebaran,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Kebakaran Bukit Teletubbies, Ancam Flora dan Fauna Bromo

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …