Dua Ekor Singa Afrika Jadi Penghuni Baru TWSL

MAYANGAN-PANTURA7.com, Dua ekor Singa Afrika bernama Sera dan Jane jadi penghuni baru Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo. Dua ekor satwa ini tiba di TWSL, Kamis (6/2) sore.

Dua ekor satwa ini berasal dari Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Pasuruan. Sera usianya hampir lima tahun, sedangkan Jane masih sekitar dua tahunan. Singa Afrika dikatakan tua jika sudah berusia di atas 17-20 tahun.

Menurut Kurator TSI Prigen, Ivan Candra, setahun ke depan singa Afrika ini bisa beranak dan dirawat TWSL. “Akan kami pantau karena kami ada kerja sama. Satwa ini sudah kami pilihkan bukan sebagai saudara, mereka siap kawin sekitar empat sampai lima tahun,” katanya.

Ivan menambahkan, stress dalam perjalanan ke tempat baru sudah menjadi hal biasa untuk semua satwa. Namun pihaknya selama 14-40 hari kedepan akan membantu memantau agar Sera dan Jane cepat beradaptasi dan tenang.

“Semoga tidak ada kendala di tempat ini. Disini juga sudah ada keeper-nya,” imbuh Ivan.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin pun hadir menyambut kedatangan satwa ke 224 dan 225 di TWSL. Dua kandang besar, pakan dan kebersihan kadang pun sudah dipersiapkan khusus untuk si jantan Sera dan betina Jane sesuai petunjuk BKSDA dan TSI.

“Ke depan akan kita lengkapi semua, perluasan dan pengembangannya karena TWSL satu-satunya destinasi wisata dan edukasi,” ujar Habib Hadi.

Diketahui, kebutuhan makanan sekitar 5-7 kg setiap satu ekor singa. Pemkot Probolinggo melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), menyiapkan anggaran di APBD 2020 untuk biaya makan dan perawatan dua satwa tersebut. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Rizal Wahyudi


Baca Juga  Jelang Nataru, Pol PP Intai Empat Warung Penyedia 'Kopi Pangku'

Baca Juga

Liburan Usai, Dua Destinasi Banyubiru di Pasuruan Masih Membludak

Pasuruan,- Ribuan wisatawan memadati dua objek wisata di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada …