Sensus Penduduk Kini Berbasis Online, BPS Gandeng TNI-Polri

MAYANGAN-PANTURA7.com, Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Probolinggo menggandeng Polres Probolinggo Kota dan Kodim 0820 Probolinggo untuk mensosialisasikan program Sensus Penduduk Tahun 2020. Sosialisasi digelar di ruang Rupatama Polres Probolinggo Kota, Kamis (06/02/2020) pagi.

Kepala BPS Kota Probolinggo, Adenan mengatakan, penduduk merupakan subyek sekaligus obyek dalam pembangunan. Oleh karena itu, kata dia, dibutuhkan pengumpulan data menyangkut jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk.

“Berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya, sensus penduduk 2020 ini akan menggunakan metode pengumpulan data kombinasi,” terang Adenan.

Dengan menggunakan data berbasis registrasi, sambungnya, penduduk dapat berpartisipasi dalam sensus dengan mengisi daftar kuesioner secara online melalui link https://sensus.bps.go.id yang akan dibuka mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

“Bagi penduduk yang belum mengisi secara online, akan didata pada pendataan lapangan pada Bulan Juli 2020,” Adenan menjelaskan.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya menuturkan, sensus merupakan pendataan penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Namun karena pendataan akan dilaksanakan secara online, maka diperlukan sosialisasi kepada masyarakat dengan mengedapankan sinergitas TNI-Polri.

“Saya selaku Kapolres Probolinggo Kota siap mendukung program pemerintah yaitu sensus penduduk tahun 2020.” tandas Kapolres.

Dukungan serupa disampaikan Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo. Menurutnya, sensus penduduk dengan mengedepankan sinergitas TNI-Polri ini merupakan yang pertama dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi wilayah lain.

“Marilah kita sukseskan perintah Presiden yaitu kegiatan sensus penduduk 2020 secara online yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Pebruari – 31 Maret 2020 dan sensus wawancara mulai tanggal 1 – 31 Juli 2020.” ajaknya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  645 Sopir Terima Bantuan Korlantas

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …