DIAPRESIASI: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat menerima penghargaan dalam BAZNAS Award 2023. (foto: Diskominfo Kab. Lumajang)

Pemkab Lumajang Raih Baznas Award Tahun 2023, ini Kategori yang Dimenangkan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menerima award dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk Kategori Pendukung Utama Pengelolaan Zakat Tahun 2023.

Penghargaan ditandatangani Ketua Baznas RI, Noor Achmad, dan diterima langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Pemberian penghargaan tersebut dalam rangka mengapresiasi kinerja organisasi pengelola zakat dan untuk turut mendukung serta mendorong kebangkitan zakat di Indonesia.

Penganugerahan Baznas Award dihadiri Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, yang ikut menyerahkan langsung penghargaan kepada beberapa penerima anugerah.

Bupati Lumajang mengaku amat bersyukur atas penghargaan yang telah diraih. Award itu menurutnya, bakal jadi pemompa semangat dalam optimalisasi pengelolaan dan pendistribusian zakat di Kabupaten Lumajang.

“Alhamdulillah, penghargaan ini adalah apresiasi atas kerja keras kita bersama, seluruh pihak yang terlibat maupun unsur yang mendukung pengelolaan zakat di Kabupaten Lumajang,” kata Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq ini.

Sementara itu, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin meminta agar Baznas Award 2023 sebagai bagian dari upaya memperkuat pondasi ekosistem zakat nasional, tidak berhenti pada ajang apresiasi pada pemangku kepentingan.

Namun secara menyeluruh, dapat mendukung dan mendorong kebangkitan zakat di tanah air. Dengan demikian, maka ekosistem zakat dapat berjalan dengan baik dan efisien.

“Penerima Baznas Award terdiri dari pejabat, tokoh masyarakat, figur publik, para ulama, para muzaki, mustahik, lembaga amil zakat, pemerintah daerah hingga kalangan media, tidak lain adalah unsur dan komponen utama dan komponen pendukung ekosistem zakat itu sendiri,” terang Ma’ruf.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf juga meminta sertifikasi kompetensi terhadap amil zakat diperbanyak agar menambah kepercayaan atau para pemberi zakat atas pengelola zakat yang profesional.

Baca Juga  Erupsi Gunung Semeru jadi Skala Prioritas Penanganan Bencana Alam di Lumajang

“Agar disusun strategi penguatan dari masing-masing komponen ekosistem zakat, salah satunya saya meminta kompetensi sertifikasi amil zakat agar terus diperbanyak. Sebagai komponen utama ekosistem zakat, sertifikasi ini akan menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola oleh pihak yang profesional,” urainya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …