Produk dan Stok Daging Aman Sampai Usai Lebaran

Probolinggo,- Jelang Lebaran, Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo terus memantau produk hewan, untuk sajian pada Hari Raya Idul Fitri. Meski begitu, belum ditemukan produk hewan bermasalah, hanya saja harga sejumlah produk merangkak naik.

Medik Veteriner Muda Pengawas Kesmavet pada DPKH Kabupaten Probolinggo, dr. Nicolas Nuryulianto mengatakan, dari pemantauan yang dilakukan, sejauh ini belum ada produk hewan di pasaran bermasalah, terlebih untuk produk di daging sapi ataupun kambing.

“Utamanya pada produk daging sapi dan kambing yang memang lebih banyak diminati itu, belum ditemukan bermasalah. Baik itu dari segi dagingnya maupuna ditemukan cacing pada produk hewannya sendiri,” kata Nicolas, Jumat (29/4/2022).

Meski tidak ditemukan permasalahan pada produk hewan, Nicolas melanjutkan, pedagang di pasar tradisional tetap resah.Sebab harga sejumlah produk hewan mulai merangkak naik, sehingga banyak pelanggan atau konsumen berkurang.

“Harga daging sapi saat ini tembus Rp170 ribu per kilogram, sementara daging kambing Rp120 ribu per kilogram. Nah untuk ayam broiler juga naik menjadi Rp28-29 ribu per kilogram. Hal ini ditambah konsumen yang mulai menurun, jadi pedagang resah,” tutur Nicolas.

Disisi lainnya, lanjut Nicolas, pihaknya tidak terus memantau kelayakan daging di pasar saja, tapi juga tempat penjagalan maupun penjagalannya sendiri terus diawasi untuk mengetahui sudah memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku atau tidaknya.

“Kami juga cek sanitasinya, proses penjagalan, sudah memenuhi syarat atau tidak. Sementara untuk stok daging sendiri di Kabupaten Probolinggo masih terbilang cukup, bahkan sampai lebaran usai tetap tidak berkurang stok dagingnya,” ujar Nicolas. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …