Waspadalah! 3 Bulan Terakhir, Terjadi Ratusan Lakalantas di Jalur Pantura

Probolinggo,- Dalam tiga bulan terakhir pada 2022 ini terjadi 141 kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah Kabupaten Probolinggo, khusunya di jalur pantura. Dari jumlah tersebut, dilihat dari kendaraannya, kejadian didominasi oleh kendaraan roda dua.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo mencatat kendaraan yang terlibat laka, yaitu pada Januari, 1 bus, 7 truk, 2 pikap, 9 mobil penumpang umum (MPU), 54 sepeda motor. Sementara pada Februari, 1 bus, 1 truk, 4 pikap, 2 MPU, 43 sepeda motor, 1 laka kereta api (KA).

“Untuk Maret, 2 kendaraan bus, 6 truk, 4 pikap, 4 MPU, 71 sepeda motor 71. Dari jumlah itu, kendaraan yang terlibat laka didominasi sepeda roda dua, total 168 kendaraan,” kata Kanitlaka Satlantas Polres Probolinggo, Iptu Nyoman Harayasa, Jumat (29/4/2022).

Dari jumlah kendaraan yang terlibat lakalantas tersebut, menurut Nyoman, kebanyakan karena faktor kelalaian manusia (human error). Di mana, kurangnya konsentrasi menjadi penyebab terbesar kecelakaan, serta tetap melanjutkan perjalanan meskipun kondisi fisik sudah kelelahan.

“Faktor lain karena cuaca maupun faktor alam juga ada. Tapi faktor kehilangan konsentrasi yang mendominasi kejadian kecelakaan. Sedangkan untuk korban jiwa atau yang meninggal dunia itu tidak sampai 20 orang,” ungkap pria kelahiran Tabanan, Bali ini.

Oleh karena itu, Nyoman mengingatkan, agar pada momentum mudik atau pun arus balik, pengguna jalan harus lebih meningkatkan kewaspadaannya ketika berkendara. Sebab, kata dia, selama bulan suci ramadhan, meskipun angka kejadian tidak terlalu banyak, tapi korban jiwa meningkat.

“Masih dalam pendataan untuk data kecelakaan selama Ramadhan. Oleh karena itu sebelum mudik, cek kendaraan sebelum berangkat. Selain itu, apabila kondisi tubuh tidak fit jangan dulu berkendara atau dalam perjalanan mengantuk menepi dulu dan istirahat,” tuturnya. (*)

Baca Juga  Laga Kedua Liga 3 Jatim, Persipro 1954 Libas Bajul Ijo FC 7 - 1

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …