Mudik Lebaran 2022, Sopir dan Awak Bus Tes Urine di Terminal Pandaan

Pandaan,- Polres Pasuruan melaksanakan pemeriksaan kesehatan berupa tes urine terhadap sopir dan awak bus angkutan mudik lebaran 2022 di terminal Pandaan, Jumat (29/4/2022) pagi. Tes urine ini bertujuan untuk memastikan sopir dan awak bus bebas dari narkoba.

“Tes urin serentak ini untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh awak bus yang terdiri dari sopir, kondektur, dan kernet,” ujar Kanit Lantas Polsek Pandaan, Iptu Gatot S.

Dijelaskan Gatot, ada sekitar 13 orang sopir, kondektur, serta kernet bus yang dites urine di Terminal Pandaan. Dari 13 orang itu tidak ditemukan satupun yang dinyatakan positif narkoba.

“Alhamdulillah hasil semuanya negatif,” jelas Gatot menegaskan.

Selain tes urine, lanjut Gatot, Satresnarkoba bersama Tim Kesehatan Polres Pasuruan dan dibantu Satlantas juga melakukan pengecekan kesehatan bagi para sopir angkutan umum tersebut.

“Selain tes urine, kami juga melakukan pemeriksaaan tekanan tubuh (tensi, red) dan pembagian masker kepada para penumpang bus,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang bus, Faisol menilai, tes urine mendadak itu sangat efektif dilakukan di tempat keramaian seperti terminal, tempat hiburan, tempat belanja dan lain sejenisnya.

“Saya sangat mendukung dan berterima kasih kepada petugas polres Pasuruan, karena dengan adanya sidak tes urine seperti ini, maka saya dan penumpang lainnya akan terjamin keselamatannya,” ucapnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Minyak Jelantah, Tak Layak Konsumsi Tapi Masih Berguna

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …