Waspada Jelang Nataru, Upal Sasar Warung Kecil

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jelang liburan Natal dan Tahun Baru rupanya banyak oknum memanfaatkan momentum untuk berbuat jahat. Salah satunya dengan mengedarkan uang palsu yang ironisnya menyasar warung-warung kecil.

Nasib tak beruntung dialami Minche (36) warga Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Kamis (19/12) kemarin ia menerima pelanggan di warung nasi yang ia jual namun menggunakan uang palsu.

Ia tak mengira jika uang selembar Rp50.000 yang diterima dari pelanggannya adalah uang palsu. Ia baru mengetahui saat membeli beras untuk dagang besok.

“Saat beli beras, kata penjualnya, ternyata uang palsu. Saya bingung karena saya tidak merasa sebelumnya. Ya mau tidak mau pakai uang lain,” kata pemilik warung langganan para jurnalis ini di areal Museum Probolinggo, Jumat (20/12).

Ia pun mengaku, rugi atas kejadian itu. Sementara itu pemilik kedai minuman juga pernah mengalami pembelian dengan uang palsu bahkan lebih besar dengan uang Rp100.000. Namun peristiwa itu sudah lama.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Nanang Fendy Dwi Susanto dikonfirmasi mengatakan, akan mewaspadai peredaran upal tersebut.

“Salah satu antisipasi juga kita lakukan melalui Operasi Lilin Semeru 2019. Kami berterima kasih atas adanya informasi upal tersebut,” jelasnya.

Termasuk pihaknya menyarankan agar pemilik warung termasuk warga lainnya memeriksa uang terlebih dahulu. Seperti dilihat, diraba, diterawang jika tak memiliki alat atau mesin pemeriksa upal.

AKP Nanang un mengimbau jika ada masyarakat yang curiga segera melapor kepada petugas. Terlebih lagi jika bisa melakukan tangkap tangan agar polisi segera bertindak. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Jelang Nataru, 672 Miras Disita

Baca Juga

Jangan Mudik! Ada Pos Penyekatan di Tol Paspro

LECES,- Untuk mengantisipasi warga yang nekad mudik saat malam hari, Satlantas Polres Probolinggo melakukan penyekatan …