Harga Ayam Potong di Kota Probolinggo Tembus Rp 40 Ribu

KANIGARAN-PANTURA7.com, Mendekati lebaran 1441 H, harga jual ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo mulai meroket. Kondisi ini membuat pedagang mengeluh karena berdampak pada sepinya pembeli.

Salah satu pedagang di Pasar Baru, Fatmawati (38) menjelaskan, jarga jual ayam potong saat ini sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram. Padahal pekan lalu, harganya hanya Rp 26 ribu per kilogram.

“Harganya Rp 40 ribu sekarang. Kata distributor, ayam potong sulit sekarang, mungkin itu yang menyebabkan harga ayam potong naik,” kata Fatmawati, Jum’at (15/5/2020).

Ia menambahkan, akibat meroketnya harga jual membuat peminat ayam potong sepi. Saat kondisi normal, biasanya ia mampu menjual sekitar 20 kilogram ayam potong dari pukul 5.00 hingga 9.00 Wib.

“Kalau sekarang, terjual 10 kilogram saja sudah untung. Otomatis karena peminat sedikit, penghasilan saya dan pedagang lain juga berkurang,” keluh dia.

Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo, M. Arifbillah menyebut, selain faktor pandemi Covid-19 yang membuat pasokan ayam tersendat, kian dekatnya lebaran juga mempengaruhi meroketnya harga daging ayam potong di pasaran.

“Memang tingginya harga ayam potong saat ini pemicunya ganda. Selain faktor pandemi Covid-19, juga karena kian mendekati lebaran,” paparnya.

Pihaknya, menurut Arifbillah, dalam waktu dekat akan melakukan sidak ke distributor ayam potong, guna mengecek ketersedian dan harga jual. “Agar harga ayam potong tetap terkendali,” tandasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Kisah Miarso Hadi ; Sales Makanan Ringan Yang Kini Menjadi Saudagar Madu

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …