PAWAI: Umat Hindu Tengger di Kecamatan Tosari, Pasuruan, saat pawai ogoh-ogoh. (foto: Moh. Rois)

Sambut Nyepi, Umat Hindu Tengger Arak Puluhan Ogoh-ogoh

Pasuruan,- Menjelang hari raya Nyepi atau tahun baru saka 1945, umat Hindu Tengger menggelar ritual Nyepi dan pawai ogoh-ogoh di wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa (21/3/2023).

Dibanding tahun sebelumnya, pawai ogoh-ogoh hanya laksanakan di desa masing masing. Tahun ini arak-arakan ogoh-ogoh digelar di satu tempat.

Diiringi dengan gamelan, mulai anak-anak hingga orang dewasa terlihat semangat dan antusias dalam menyambut tahun saka 1945.

Tak hanya warga Suku Tengger, warga atau wisatawan dari luar Kecamatan Tosari juga sangat menikmati tradisi tahunan tersebut, bahkan mereka rela datang sejak pagi hari.

“Saya bersama teman teman mulai tadi pagi sudah disini,” kata Fatimah, wisatawan asal Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan.

Menurut Fatimah, kegiatan ini sangat meriah dibanding tahun sebelumnya. Sebab dalam 3 tahun terakhir, pawai ogoh-ogoh dibatasi seiring pandemi Covid-19.

“Kemarin pas pandemi kurang maksimal, selesai pandemi orang-orang kayak balas denam, semakin ramai ogoh-ogohnya dan makin banyak,” ujar Fatima.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pasuruan, Suparji mengatakan, pawai ogoh ogoh ini adalah rangkaian hari raya Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu.

“Total ada sekitar 40 ogoh-ogoh dari 8 desa di Kecamatan Tosari yang diarak,” kata Suparji.

Menurut Suparji, pawai ogoh-ogoh sendiri adalah simbol, daripada sifat-sifat negatif. Nantinya upacara, Rabu (22/3/23), akan dibawa ke balai desa untuk dibakar.

“Nantinya ogoh-ogoh akan dibawa ke desa masing-masing untuk dibakar. Tujuannya adalah untuk membakar sifat-sifat negatif itu,” terang Parji. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Polisi Tangkap Pria Bergolok Yang Ngamuk di Pemukiman

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …