FINISHING: Uji coba Jembatan Gladak Perak Lumajang dari pantauan udara. (foto: Asmadi)

Jembatan Gladak Perak Lumajang Hampir Tuntas, Siap Dilalui Pemudik Lebaran 

Lumajang,- Pembangunan Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, dipastikan selesai sebelum Lebaran 2023.

Saat ini, pembangunan jembatan sudah memasuki tahap akhir. Diperkirakan, pada akhir Maret 2023, proses pembangunan Jembatan Gladak Perak sudah rampung.

Sebelum resmikan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali melakukan test uji coba kekuatan jembatan yang dibangun oleh PT Adi Karya itu.

Test yang dilakukan itu untuk menguji kekuatan jembatan. Caranya, dilakukan dengan uji pembebanan pada jembatan yang menjadi akses penghubung Kabupaten Lumajang – Malang itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 Provinsi Jawa Timur David Rachmat Prabowo menyampaikan, uji pembebanan ini dilakukan Selasa (28/2) mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Tujuannya, menguji kekuatan struktur jembatan.

“Uji pembebanan jembatan dilakukan ini dengan memberikan beban secara statik maupun dinamis, sehingga dapat diketahui kemampuan beban maksimum struktur jembatan serta memastikan keamanan jembatan tersebut sebelum dioperasikan”, ujar David.

David menjelaskan, tes uji coba kekuatan jembatan yang baru dibangun tersebut, dilakukan dengan menempatkan sejumlah truk bermuatan berat tanpa melakukan pergerakan.

Secara bertahap uji beban dinamis yang dilakukan dengan serangkaian pergerakan truk bermuatan berat di atas jembatan. Hal itu dilakukan untuk uji coba beban statik yakni sebanyak 14 truk dengan masing-masing truk memiliki berat 31 ton.

“Jadi, beban yang digunakan untuk uji beban statik, yakni sebanyak 14 truk dengan berat masing-masing truk 31 ton dan untuk beban dinamis menggunakan 1 truk dengan beban 15 ton,” ujar David.

Sementara itu, anggota Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Jamasri mengatakan, berdasarkan hasil tes, jembatan baru Besuk Kobokan masih perlu diperbaiki ulang dioperasikan.

Baca Juga  Polemik Tambang Pasir Lumajang, Jalan Rusak hingga Stokpile Ilegal

“Dari hasil uji beban, rekomendasinya perlu penambahan gap antara seismic buffer dan backwall minimal 12 sentimeter,” sebur Jamasri.

Perlu diketahui, jembatan Besuk Kobokan yang baru merupakan jembatan rangka baja bertipe struktur Pratt Trust Bridge dengan panjang bentang 140 meter dan lebar 12,5 meter.

Jembatan baru diatas aliran lahar Gunung Semeru ini tidak lagi menggunakan pilar tengah sebagai antisipasi jika banjir lahar hujan kembali terjadi. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …