PROTES: Ratusan warga Desa Sidodadi saat menggeruduk kantor Kecamatan Paiton. (foto: Ainul Jannah)

Warga Desa Sidodadi Paiton Lurug Kantor Kecamatan, Minta Pj. Kades Dicopot

Paiton,- Ratusan warga Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo menggeruduk kantor kecamatan setempat, Kamis (2/3/23) pagi.

Aksi massa ini terjadi sebagai bentuk protes atas kinerja Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Sidodadi, Sutomo. Massa meminta Pj Kades segera dicopot.

“Kami terpaksa kesini karena apa yang dilakukan oleh Pj Kades ini sewenang-wenang,” kata salah satu warga, Mistaji.

Menurutnya, kebijakan yang diambil Sutomo selama menjadi Pj. Kades merugikan masyarakat. Alhasil, kenyamanan dan roda pemerintahan Desa Sidodadi terganggu.

“Karena Pj ini sudah merubah RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, red) dan juga sudah memberhentikan ulu-ulu air desa secara tidak hormat,” imbuh Mistaji.

Mistaji menyebut, 300 orang yang datang mengepung kantor Kecamatan Paiton, akan kembali lagi jika tuntutannya tidak segera dikabulkan. Warga bersikeras agar Sutomo segera diganti sebagai Pj. Kades Sidodadi.

“Jika tuntutan kami ini tidak didengar oleh pihak pemerintah, maka kami akan melakukan aksi yang lebih besar lagi,” ancam Mistaji.

Sementara itu, Camat Paiton Imam Syafi’i mengatakan, pihaknya hari ini akan membuat surat pengantar kepada Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, terkait tuntutan masyarakat agar Sutomo diganti dengan Pj yang lain.

“Insya-Allah hari ini kami buatkan surat pengantar kepada bapak Wakil Bupati Probolinggo,” janji Camat.

Imam meminta, masyarakat sabar menunggu pergantian Pj Kades yang sekarang sedang berproses. “Tunggu hasil dari yang sudah kami sampaikan kepada bapak Wakil Bupati, karena aspirasi ini butuh proses yang tidak bim salabim (spontan),” tegasnya.

Sekedar informasi, sebelumnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidodadi, Kecamatan Paiton mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo, Selasa (24/1/23) lalu.

Langkah itu dilakukan karena banyak protes dari warga setempat perihal kinerja Pj Kades Sutomo. Bahkan warga juga sempat menggelar demonstrasi untuk menyampaikan aspirasinya. (*)

Baca Juga  Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Alaspandan Terbakar

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …