JUJUGAN: Suasana keramaian wisata religi Payung Madinah di Kota Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Pulang Resepsi 1 Abad NU, Nahdliyyin Sesaki Payung Madinah Pasuruan

Pasuruan,- Usai menghadiri puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta idoarjo, nahdliyyin dari berbagai daerah memadati Alun-alun Kota Pasuruan, Selasa (7/2/2023) siang.

Selain ingin berziarah ke makan KH Abdul Hamid, mereka datang ke Alun-alun Kota Pasuruan karena penasaran dengan payung Madinah. Terlihat warga nahdliyin menyempatkan berswafoto di area payung ikonik itu.

“Kami mampir kesini yang pertama ingin berziarah, yang kedua ingin melihat wisata religi yang baru yaitu payung yang mirip seperti di Madinah,” kata Mahmud Basuni, pengurus GP Ansor asal Banyuwangi.

Basuni mengaku sangat penasaran dengan Payung Madinah tersebut. Sehingga dia pun bersama rombongan menyempatkan diri untuk mampir ke Alun-alun Kota Pasuruan.

“Sampai disini kami senang sekali, karena ternyata sangat bagus dan bersih,” ujar dia.

Hal senada disampaikan warga NU asal Situbondo, Miftakhul Arif. Ia mengaku sengaja menyempatkan datang ke Alun-alun Kota Pasuruan karena penasaran dengan Payung Madinah.

“Melihat teman update status payung Madinah, saya ingin ketika ke Pasuruan mampir. Alhamdulillah pulang dari acara Harlah 1 Abad NU, rombongan mampir ke sini melihat payung Madinah,” ujar Arif.

Sementara itu, warga NU asal Lumajang Mohamad Hasan berharap, setelah mampir ke Payung Madinah yang berada di Kota Pasuruan, bisa keturutan berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melihat payung Madinah yang asli.

“Tujuan kami kesini pertama berziarah ke makam Kiai Hamid. Kedua ingin melihat Payung Madinah, mudah-mudahan keturutan ke Madinah Mekkah,” ujarnya. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Kecelakaan Beruntun Libatkan 3 Pemotor di Pasuruan, 7 Orang Terluka

Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …