Kebakaran Bukit Teletubbies, Ancam Flora dan Fauna Bromo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Terbakarnya Bukit Teletubbies di area Gunung Bromo, dikhawatirkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Pasalnya luas areal yang terbakar, mengancam kelestarian Flora dan Fauna disekitar yang terdampak kebakaran.

Betapa tidak, bukit teletubbies yang terbakar luasnya telah melalap sedikitnya 50 hektar lahan. Hal ini dikhawatirkan Kepala Resort Lautan Pasir TNBTS Subur, ia mengungkapkan jika kebakaran Bukit Teletubbies bisa mengancam flora dan fauna sekitar.

“Beberapa tanaman bisa terancam karena kebakaran diantaranya Pohon Akasia, Bunga Edelweiss, Pohon Cemara maupun ilalang. Sedangkan hewan yang bisa punah seperti Kijang, Burung dan Musang,” kata Subur, Minggu (2/8/2018).

Hingga kini, kobaran api masih dalam proses pemadaman. Ratusan personel dari TNBTS dsn relawan berjibaku untuk memadamkan api, meski hasilnya belum optimal.

Api yang bermula dari bukit savana Jamplang Malang ini, diduga karena angin kencang sehingga merembet ke Bukit Teletubbies pada Sabtu kemarin. Akibatnya puluhan hektare lahan hangus.

Hingga kini belum ada laporan korban dari kebakaran Bukit Teletubbies tersebut. Para wisatawan pun dihimbau untuk tak mendekat ke Bukit Teletubbies dan padang savana. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Agya Seruduk Tronton di Pajarakan, 3 Korban Meninggal Dunia

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …