LESTARI: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menginisiasi penanaman pohon di kawasan Ranupani. (foto: Asmadi)

Berkunjung ke Wisata Ranupani Lumajang Kini Wajib Tanam Pohon, Loh?

Lumajang,- Para wisatawan yang hendak berkunjung di kawasan Ranupane dan Ranu Regulo di Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, kini tidak sekedar leyeh-leyeh menikmati indahnya pemandangan alam.

Wisatawan juga dapat berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon di kawasan desa wisata itu.

“Wisatawan tidak hanya berwisata, tetapi mereka juga memiliki kewajiban menjaga ekosistem lingkungan yang ada,” kata warga Desa Ranupane, Heru, Jum’at (27/1/2023).

Heru mengatakan, menanam pohon menjadi kewajiban wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata Ranupani. Kegiatan itu bisa dilakukan, baik sebelum atau sesudah berwisata di lokasi tersebut.

Menurut Heru, kegiatan itu tak lepas dari kegigihan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang yang tengah menggalakkan tanam pohon untuk setiap pengunjung kawasan Desa Ranupane.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, aksi tanam pohon di Desa Ranupani diambil lantaran pada Oktober 2022 lalu, Desa Ranupane diterjang banjir bandang dan tanah longsor.

Saat itu, banjir bandang yang menerjang Desa Ranupani mengakibatkan 12 rumah warga rusak parah. Akses penghubung dari Lumajang ke Malang via Ranupane juga putus total.

“Pokoknya kalau ke Ranupane dan Ranu Regulo harus menanam pohon dulu sebelum pulang,” kata Bupati Lumajang.

Thoriqul menyebutkan, Pemkab Lumajang memang menjadikan Desa Ranupani sebagai prioritas utama pengembangan pariwisata di Kabupaten Lumajang.

Salah satunya dengan menjaga keaslian Danau Ranupani dengan membangun sedimen trap agar lumpur tidak langsung masuk ke danau. Sehingga, proses pendangkalan danau tidak terjadi.

“Kita ingin Ranupani ini jadi wajah Lumajang dalam sisi pariwisatanya. Tapi kami juga ingin memastikan pengembangan ini tetap memperhatikan kelestarian alam,” pungkas Thoriqul. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Validasi Data RTLH Tepat Sasaran, Pemkab Lumajang Gandeng Intelektual Kampus

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …