Suryadi dan anaknya berfoto mengapit inisiator Genggong Go Green Carnival 2023, Gus dr. Haris. (foto: Kominfo PZH Genggong).

Kebahagiaan Suryadi, Jauh-jauh dari Blora, Pulang Bawa Sepeda

Pajarakan,- Suryadi (52), rela jauh-jauh mancal dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah, ke Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kabupaten Probolinggo, demi mancal berjamaah dalam ajang Genggong Go Green Carnival 2023.

Suryadi berangkat dari Blora Jawa Tengah berboncengan dengan anaknya, Aldi Surya Nugraha, sejak Senin (16/1/23) lalu. Perjalanan bapak-anak ini sempat terhambat lantaran terjebak hujan deras di Kabupaten Sidoarjo.

“Sempat terhenti karena di Sidoarjo hujannya sangat deras. Jadi saya sama sinkecil ini terpaksa berteduh di warung di pinggir jalan, dan akhirnya kita memutuskan untuk bermalam si sana,” cerita Suryadi.

Selama dalam perjalanan, lanjut Suryadi, ia menginap di beberapa tempat. Seperti di warung, kantor polsek hingga rumah anggota Satpol PP saat berada di Surabaya.

Pria asal Kabupaten Banyuwangi ini akhirnya tiba di PZH Genggong, Jum’at (20/1/23) malam. Menurut Suryadi bahwa, anaknya yang masih berumur 12 tahun itu memang sering ikut mengendarai sepeda jika ia berkelana.

“Memang kemauannya sendiri untuk ikut. Kalau biasanya kita pakai sepeda sendiri – sendiri, tapi karena kali ini jalurnya cukup jauh saya bonceng aja,” terangnya.

Dikatakannya, ia tidak merasa lelah sedikitpun meski menempuh perjalanan dari Blora ke Genggong. Sebab, niatnya untuk menyambung silaturahmi dengan peserta Genggong Go Green lainnya dan pengasuh PZH Genggong amat kuat.

“Kalau ikhlas dari hati, suatu hal apapun pasti akan terasa ringan saat kita lakukan. Terus terang saya ridak merasa capek ataupun nyeri walaupun perjalanannya sangat jauh,” ungkap dia.

Sejatinya, imbuhnya, ia ingin bergabung dalam Genggong Go Green tahun 2022 lalu. Namun, harapannya kandas karena ia belum mendapatkan waktu luang untuk berangkat dari BWI ke Genggong.

Baca Juga  Dicurigai Maling, Pria ini Ditangkap Warga Klaseman

“Sebetulnya saya ingin gabung di tahun sebelumnya, tapi baru kesampaian tahun ini. Saya sampai izinkan si kecil ke gurunya karena dia ngotot ingin ikut,” ujarnya.

Pengorbanan Suryadi tuntas. Ia akhirnya bisa mancal bareng dalam ajang Genggong Go Green, yang digelar Minggu (32/1/23) pagi. Tak hanya itu, ia justru mendapat hadiah sepeda cuma-cuma dari panitia.

“Alhamdulillah, saya lega dan bahagia. Saya berterima kasih sekali kepada Gus Haris dan panitia Genggong Go Green,” ucapnya.

Inisiator Genggong Go Green, Gus dr. M. Haris Damanhuri Romli usai memberikan sepeda di halaman P5 kepada Suryadi mengatakan, semangat Suryadi layak diteladani oleh siapapun.

“Tekadnya kuat, semangatnya luar biasa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dengan cara bersepeda. Selamat untuk Pak Suryadi,” ucap Gus Haris.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Menjamu Mangiwang FC Makassar, Persekabpas Menang Telak 3-0

Pasuruan,- Persekabpas Kabupaten Pasuruan tampil garang di kandang sendiri saat menjamu Mangiwang FC dalam lanjutan …