Pipa PDAM Rusak, Warga Giliketapang Kesulitan Air Bersih

Probolinggo – Sejak seminggu yang lalu, warga Pulau Giliketapang, Kabupaten Probolinggo kekurangan pasokan air bersih. Hal ini karena pipa PDAM yang ada di dalam laut rusak.

Warga berharap, ada pihak yang memasok air bersih langsung ke pulau Giliketapang.

Kepala Desa Giliketapang, Munir saat dikonfirmasi mengatakan, putusnya pasokan air bersih ke pulau Giliketapang ini terjadi sejak Sabtu (24/12/2022) lalu. Berhentinya pasokan air bersih ini, lantaran pipa PDAM yang ada di dalam laut terkena jangkar kapal tongkang.

“Akibat putusnya air bersih dari PDAM, warga mandi dan memasak kadang menggunakan air sumur atau air hujan. Sedangkan untuk minum menggunakan air galon,” ujarnya, Sabtu (31/12/2022).

Pihak PDAM sudah menyuplai air bersih ke Giliketapang. Namun suplai air ini hanya sampai di pelabuhan. Sehingga warga yang ingin mengambil air bersih harus ke Pelabuhan Probolinggo.

Selain itu pihak PDAM sudah berupaya memperbaiki pipa yang rusak. Namun perbaikan terkendala cuaca ekstrem.

“Warga berharap sambil menunggu perbaikan, ada suplai air bersih yang langsung datang ke pulau Giliketapang, seperti yang dilakukan BPBD Kabupaten Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota,” imbuh Munir.

Melihat warga Giliketapang kekurangan air bersih, Sabtu (31/12/22), Polres Probolinggo Kota dan BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan droping air bersih ke warga Giliketapang.

Sebanyak 20 ribu liter air bersih ini dikirim dengan menggunakan sejumlah tangki air yang kemudian dikirim menggunakan kapal nelayan berukuran besar.

Setibanya kapal pengangkut air bersih di dermaga pulau Giliketapang ini di lsambut warga yang sudah menunggu kapal tersebut. Dan dalam waktu cepat, 20 ribu liter air bersih ini ludes di bagikan ke warga yang sudah menanti dengan membawa jerigen, dan tempat air.

Baca Juga  Dilempar Bondet, Rumah Warga Tiris Rusak

“Pengiriman air bersih ini merupakan respos adanya warga pulau Giliketapang yang kekurangan air bersih, sehingga, Kapolres Probolinggo Kota bersama BPBD Kabupaten Probolinggo pada hari ini menyuplai 20 ribu ton air bersih ke warga,” ujar Kasi Humas Polres Probolinggo Kota, Iptu Zainullah. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …