Hati-hati! Longsor Terjadi di 5 Titik Akses Menuju Gunung Bromo

Pasuruan,- Hujan deras yang mengguyur lereng Gunung Bromo Kabupaten Pasuruan, Rabu (28/12/2022) malam, menyebabkan sejumlah tebing longsor. Akibatnya, arus lalu lintas di area wisata itu tersendat.

Plt Camat Tosari, Hendi mengatakan, longsor terjadi di 5 titik. Meliputi jalur Baledono-Tosari, jalur Tosari-Wonokitri, jalur Tosari-Ngadiwono, jalur Podokoyo-Wonokitri, dan jalur Tlogosari-Jetak.

Karena longsor terjadi di banyak titik, pembersihan material longsor berlangsung hingga Kamis (29/12/2022) siang. Pembersihan melibatkan petugas dan alat berat PU Bina Marga Jatim, petugas kecamatan, BPBD, TNI dan polisi.

“Longsor terjadi kemarin, sekitar pukul 18.00 WIB. Hingga sekarang proses pembersihan material longsor masih dilakukan. Hari ini kita upayakan bersih dan jalur semua bisa dilalui,” kata Hendi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan, saat cuaca ekstrem, wilayah Kecamatan Tosari rawan terjadi longsor.

“Untuk antisipasi longsor kami sudah koordinasi dengan pihak terkait dan kami juga sudah siagakan tim reaksi cepat (TRC) selama 24 jam,” jelas Harris.

Kapolsek Tosari AKP Dedy Suryo Cahyono, mengimbau wisatawan yang datang terutama saat malam pergantian tahun berhati-hati. Pasalnya, selain tebing, jalur wisata di lereng Gunung Bromo itu juga rawan longsor.

“Kami siaga terus di jalur wisata untuk mengawasi dan mengimbau wisatawan agar lebih hati-hati jika melintas,” jelas Dedy. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Kabupaten Probolinggo Produksi 1.400 Ton Sampah per Bulan

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …