Lingkungan Hijau Naungi MAN 1 Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Suasana nyaman pastinya membuat semua orang nyaman. Tak terkecuali dunia pendidikan yang sarat dengan peningkatan kemampuan akademik.

Suasana tersebut dirasakan siapa pun yang datang ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Probolinggo. Hampir semua ruangan benar-benar bernuansa hijau, tak hanya cat nya namun juga berbagai tanaman.

Sekolah yang beralamat di Jl. Jeruk Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo ini, tak hanya melakukan kreasi dengan mengecat seluruh lingkungan sekolah. Namun juga mengharuskan penjual di kantin sekolah tidak menggunakan bungkus plastik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik.

Kepala MAN 1 Kota Probolinggo, Siti Fatimah (57) mengatakan, pengecatan lingkungan sekolah ini dimulai sejak seminggu yang lalu. Awalnya pengecatan hanya di halaman depan sekolah, akhirnya ke hampir seluruh ruangan. Saat ini tinggal lokasi parkir yang masih dalam proses pengecatan.

“Tujuan kreasi ini, biar suasana sekolah dingin, sejuk, jadi siswa betah disekolah, krasan untuk disekolah, dan lebih bersemangat lagi,” ujar Fatimah, Jumat (27/9).

Pengecatan dan mencitpakan nuansa alam di MAN 1 ini dilakukan oleh semua warga sekolah. Tak hanya siswa, guru, termasuk komite sekolah ikut terlibat.

Soal dana, ia  mengatakan ada yang dari iuran siswa, uang kantin, uang koperasi dan juga komite. “Untuk pendanaan, anak-anak itu ya, ada yang ngumpulin uang seribu, limaratus, ya macem-macemlah, selain itu juga uang kantin, uang koperasi, komite juga, kita kumpulin dah semuanya,” tambahnya.

Ke depan sejumlah fasilitas juga akan ditambah, seperti tanaman, gazebo termasuk perangkat lain yang mendukung. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Mengenal Jek-Ma, Ojek Mahasiswa di INZAH Genggong

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …