Peringati Hari Nusantara, Gubernur Ajak Manfaatkan Sumber Daya Laut

Probolinggo – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara Hari Nusantara yang digelar di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Senin (26/12/2022). Gubernur berharap dengan peringatan ini, sumber daya laut menjadi sumber kesejahteraan masyarakat.

Selain dihadiri Walikota Habib Hadi Zainal Abidin dan Wakil Bupati Timbul Prihanjoko, acara ini dihadiri anggota Forkopimda Kota dan Kabupaten Probolinggo. Mengawali acara, gubernur memberikan penghargaan kepada total 841 nelayan se-Probolinggo Raya.

Dalam sambutannya, gubernur mengapresiasi banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang kreatif dan inovatif khususnya dalam pengolahan hasil laut.

“Saya sangat mengapresiasi banyaknya UMKM yang hasil produknya dalam pengolahan hasil laut khususnya ikan. Ini terbukti dari banyaknya hasil olahan ikan yang ditampilkan pada hari ini,” ujarnya.

Khofifah juga menyampaikan, sesuai semboyan dalam acara ini “Ayo ke Laut”, sebagai negara maritim yang mana laut menjadi penghubung antar pulau, maka seharusnya hal ini harus dijadikan pemersatu bangsa Indonesia.

Karena hal itu, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan terus mendukung dan terus mengontrol para pelaku usaha kelautan, khususnya untuk menyejahterakan para nelayan kecil dan menengah.

“Salah satu upaya kita di peringatan Hari Nusantara, kita berikan bantuan kepada nelayan, agar ke depan mereka ini jadi lebih sejahtera. Selain itu, saya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lebih banyak lagi sumberdaya kelautan,” imbuhnya.

Sementara, Walikota Habib Hadi mengatakan, Kota Probolinggo sendiri memiliki tiga pelabuhan, mulai pelabuhan perikanan hingga bongkar muat. Dengan adanya tiga pelabuhan serta sumberdaya yang ada, semoga ke depan, para nelayan kesejahteraannya lebih baik.

“Diharapkan antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi, hingga pemerintah pusat terus bersinergi untuk memajukan kelautan Indonesia, serta mendukung pelaku usaha kelautan dan para nelayan kecil hingga menengah,” ujarnya.(*) 

Baca Juga  Tiga Jam, Perbaikan Pipa Bawah Laut Pulau Giliketapang Selesai

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …