Juara ‘We Love Cities’, Kota Probolinggo Terus Lakukan Pembenahan

Probolinggo – Setelah menjadi pemenang ajang global We Love Cities (WLC) 2022 yang di selenggarakan World Wild Fund for Nature (WWF), Pemkot Probolinggo pada Sabtu pagi (17/12/2022), menerima penganugerahan WLC. Perwakilan WLC berharap, Pemkot Probolinggo dapat mempertahankan kemenangan ini.

Bertempat di halaman kantor Pemkot Probolinggo, penganugerahan WLC ini digelar. Perwakilan WWF, Head of Climate and Market Tranformation, Joko Sargito dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kota Probolinggo yang keluar sebagai pemenangan dua kategori. Yakni We Love Cities di level global, serta level Asia – Pasific.

“Dalam konteks partisipasi warga terhadap program kerja pemerintah kota dalam arti mencintai kotanya, Kota Probolinggo unggul dari dua kota lainnya di Turki dan Peru. Selain itu, dalam ajang ini, Kota Probolinggo juga mengalahkan kota Jakarta dan Balikpapan dalam putaran final yang tiap tahun menjadi langganan pemenang,” ujarnya.

Lebih lanjut, ajang We Love Cities ini bukan hanya sekadar memberikan suara dan dukungan. Juga memberikan input atau saran bagaimana ke depan Kota Probolinggo jadi lebih baik, lebih nyaman ditinggali dan lebih berkelanjutan.

“Dengan adanya 800 ribu suara yang memilih Kota Probolinggo, serta 82 ribu komentar masukan yang menjadikan Kota Probolinggo pemenangan, kami berharap Kota Probolinggo jauh lebih baik dari pengelolaan, serta penanganan salah satunya sampah,” imbuhnya.

Selanjutnya, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menerima penghargaan dari WWF Indonesia, sebagai Global Winner pada ajang We Love Cities 2022, yang diserahkan oleh perwakilan WWF Indonesia.

Usai penyerahan, walikota mengaku, bersyukur atas keluarnya Kota Probolinggo sebagai pemenang Global Winner ajang WWF 2022. Kemenangan ini bukan hanya karena keras dari Pemerintah Kota saja. Namun juga kerja keras dan dukungan warga Kota Probolinggo.

Baca Juga  Mendekati Lebaran, Jam Operasional Pasar Diperpanjang

“Penghargaan ini seharusnya saya terima di Jakarta, namun, karena kerja keras dan dukungan warga Kota Probolinggo hingga akhirnya Kota Probolinggo keluar sebagai Global Winner WWF, maka penyerahan penghargaan ini saya minta diserahkan di Kota Probolinggo, agar warga Kota Probolinggo bangga dan dapat melihat langsung,” ujarnya.

Selain itu, adanya masukan dari warga terkait salah satunya sampah, walikota juga mengatakan, untuk mengatasi sampah ini, perlu adanya kerja sama. Di mana masyarakat juga harus sadar untuk tidak buang sampah sembarangan.

Di samping itu, pemerintah juga terus berupaya agar masalah sampah ini dapat diatasi dengan maksimal. Selain itu, dengan keluarnya Kota Probolinggo sebagai Global Winner ajang We Love Cities, serta Asia – Pasific Winner, ke depan prestasi ini akan dipertahankan.

“Upaya-upaya perbaikan melalui masukan di ajang We Love Cities ini akan terus kami lakukan. Serta ke depan kami akan mempertahankan kemenangan ini. Tak lupa, kami berterima kasih kepada seluruh pihak khsususnya warga Kota Probolinggo yang telah memberikan dukungan (vote) dalam ajakng ini,” imbuh walikota. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …