Lahar Dingin Semeru, Warga Sumberlangsep, Lumajang Terisolasi 

Lumajang, – Lahar dingin dari Gunung Semeru yang terjadi Selasa siang tadi (6/12/2022) mengakibatkan warga Dusun Sumberlangsep Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang terisolasi. Satu-satunya akses jembatan limpas tidak bisa dilewati karena tertutup material vulkanik.

“Saya di Desa Jugosari untuk memantau langsung masyarakat di sini, lahar dingin ini lebih besar daripada sebelum-sebelumnya. Dari tadi pagi pak kepala desa sudah standby untuk memantau masyarakat yang di sebelah sana di Dusun Sumberlangsep, sekarang tidak ada pilihan jembatan harus tutup,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau dampak lahar dingin Semeru, di Desa Jugosari Kabupaten Lumajang, Selasa (6/12/2022).

Sebanyak 470 warga Dusun Sumberlangsep, sudah dikumpulkan agar mereka tidak melakukan aktivitas apapun.

Selain itu, para letugas dari BPBD maupun Basarnas telah bersiaga sembari mengimbau masyarakat agar tidak mendekat aliran lahar dingin. Sebab, di aliran tersebut masih sangat membahayakan dan aliran laharnya sudah di atas jembatan.

“Masyarakat yang berdekatan di aliran lahar agar tidak mendekat, kita antisipasi keadaan sewaktu-waktu harus evakuasi, tetapi sejauh ini masih aman. Walaupun kita lihat tadi alirannya sudah di atas jembatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jugosari, Mahmudi menjelaskan, material vulkanik yang terbawa aliran lahar dingin pada Senin (5/12/2022) juga sempat menutupi jembatan limpas. Masyarakat sekitar pada pagi hari juga sempat membersihkan material vulkanik yang menutupi jembatan tersebut.

“Kemarin besar, tapi intensitas airnya lebih besar sekarang, masyarakat untuk yang di Sumberlangsep sudah ada di titik kumpul, masyarakat sini kita tetap siaga,” pungkasnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tak Restui Anak Nikah, Bapak Asal Maron Hendak Lompat dari Tower

Baca Juga

Ayan Menyerang saat Bersepeda, Pencari Rongsokan akhirnya Tertabrak Truk 

Pasuruan,- Seorang pencari rongsokan tiba-tiba terjatuh saat melintas di jalan raya Warungdowo, Desa Gondangrejo, Kecamatan …