Antisipasi Gunung Semeru Kembali Erupsi, Pemkab Lumajang Pasang 27 CCTV

Lumajang,- Akhir-akhir ini Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, sering mengalami letusan dan guguran lava. Bahkan, jumlah letusan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu rata-rata hingga 20 kali setiap harinya.

Menurut Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, status Gunung Semeru hingga hari ini masih bertahan di level lll siaga. Bupati menyebut, antisipasi kebencanaan Gunung Api Semeru kini lebih siap.

Untuk antisipasinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menurut Thoriq, telah memansang 27 CCTV di beberapa titik vital kebencanaan.

“Selain itu, ada frekuensi radio lintas desa yang sudah terkoneksi dengan baik,” kata Thoriq, Jumat (18/11/2022).

Dengan perangkat yang sudah terpasang, klaim Thoriq, komunikasi bisa dilakukan dengan cepat. Apabila ada peringatan Kebencanaan, bisa langsung sampai kepada masyarakat.

“Early warning system (EWS) kita untuk kebencanaan di sekitar Semeru sudah baik, ada CCTV di 27 titik, ada frekuensi radio, melalui handy talkie yang antar desa sudah memiliki itu, jadi langkah antisipasinya bisa lebih cepat,” paparnya.

Menurutnya, adanya EWS ini tentu membuat masyarakat bisa dengan mudah memantau langsung perkembangan aktivitas Gunung Semeru. Misalnya, bila terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi, masyarakat bisa mengetahui amplitudo maksimal (amak) getaran di gunung.

“Dengan begitu masyarakat bisa bisa lebih waspada lagi untuk mewanti-wanti segala kemungkinan yang akan terjadi,” Thoriq menambahkan.

Bahkan, terang Thoriq, masyarakat juga bisa melihat jarak luncur lava pijar yang bisa dipantau 24 jam melalui kamera CCTV BPBD Lumajang dan Pos Pantau Gunung Sawur.

Sehingga apabila terjadi lahar dingin, para penambang pasir yang berada di aliran lahar Gunung Semeru mengetahui dan bisa sesegera mungkin menepi dari aliran berbahaya.

“Jika ada lahar dingin di Supit Urang misalnya, maka bisa langsung kita informasi kepada teman-teman penambang yang ada di Jugosari maupun aliran di bawahnya untuk segera menepi. Jadi dibandingkan tahun lalu, langkah antisipasi kita saat ini lebih siap,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Rawan Bencana Alam, Pemkab Probolinggo Cek Kesiapan

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …