Pendaftaran Seleksi Calon Sekda Dimulai

Probolinggo – Kabupaten Probolinggo akan segera memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) baru. Hal ini mengingat Soeparwiyono selaku sekda saat ini akan memasuki masa pensiun pada Desember mendatang.

Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko mengatakan, saat ini panitia yang menjaring calon sekda baru ini sudah terbentuk. Selain itu, ia juga menilai sejumlah pejabat yang berada di lingkungan pemerintah setempat juga banyak yang memenuhi kriteria untuk mengisi jabatan tersebut.

“Timnya sudah terbentuk, dan independen. Yang memenuhi kriteria kalau tidak salah ada 16 orang. Termasuk ini (Kadiskominfo, Red.). Cuma sampai saat ini masih belum ada yang daftar,” katanya, Senin (7/11/2022) sambil menunjuk Yulius Cristian yang ada di sampingnya ketika diwawancara pasca melantik pejabat Eselon III dan IV di ruang Madakaripura komplek kantor bupati setempat.
Sementara itu, Yulius Cristian menjelaskan, saat ini pendaftaran untuk mengisi jabatan sekda tersebut sudah dibuka dan akan ditutup dalam beberapa hari ke depan.

Sedangkan pengumuman yang lolos administrasi akan dilakukan pada Senin (14/11/2022) pekan depan.

“Hari ini dibuka sampai tanggal 11 nanti, atau sampai Jumat nanti sekaligus langsung melakukan seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrassinya Senin depan,” paparnya.

Ia melanjutkan, dari beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh pendaftar di antaranya faktor usia. Usianya tida boleh melebihi 56 tahun ketika dilantik. Selain itu, pendaftar juga tidak boleh berafiliasi terhadap partai politik tertentu dan termasuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Informasi lebih lanjut bisa diakses di web pemkab, ada di sana pengumumannya,” ujarnya.

Yulius juga menjelaskan, untuk mengisi jabatan sekda ini pendaftar juga bisa berasal dari luar Kabupaten Probolinggo. Namun tentu yang akan terpilih nantinya juga berdasarkan penilaian dari tim seleksi yang sudah dibentuk. Nantinya, panitia seleksi ini akan mengumumkan tiga nama calon sekda terbaik.

Baca Juga  Masyarakat Diingatkan Waspada Hepatitis Akut Tanpa Penyebab

“Tanggal 23 November nanti diumumkan tiga nama terbaik. Keesokan harinya penyampaian kepada KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara, Red.) dan Gubernur Jawa Timur,” katanya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …