HAKORDIA: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023. (foto: Ali Yak'lu)

Peringati Hakordia, Pemkab Probolinggo Tegaskan Komitmen Berantas Korupsi

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023. Peringatan kali ini digelar di auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (13/12/23).

Tampak hadir Heri Sulistyanto selaku Penjabat (Pj) Sekda mewakili Pj Bupati Probolinggo, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, dan sejumlah Forkopimda lainnya.

Terlihat juga beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajarannya yang turut hadir untuk memeriahkan acara.

Mengawali sambutan, Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Probolinggo, Santiyono mengatakan, gelaran Hakordia ini tidak terlepas dari Surat Edaran Bupati Probolinggo Nomor 100 tahun 2023 dan SE Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Himbauan Penyelenggaraan Kegiatan Hakordia 2023.

“Mari kita bersama-sama menggelorakan dan memasyarakatkan semangat anti-korupsi untuk Indonesia maju,” kata Santiyono.

Sementara itu, Pj Sekda Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto mengatakan, semangat memberantas korupsi harus ditanamkan dalam hati.

Ia pun mengajak kepada semua pihak, untuk senantiasa berzikir atau mengingat, bahwa kematian akan datang kapan saja.

“Banyak godaannya, tapi jika kita berzikir, nanti ketika kembali kepada Yang Kuasa, maka kita tidak akan membawa apa-apa. Oleh sebabnya, ayo korupsi kita hindari,” ujar Heri.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat lima OPD yang mendapatkan penghargaan atas inovasinya dalam mencegah korupsi. Kelima OPD itu adalah, Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Satpol PP, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Perikanan, dan terakhir Pemerintah Kecamatan Sukapura.

“Ini tahun pertama, semoga ke depan OPD-OPD yang lain dapat terus meningkatkan inovasinya dalam memberantas korupsi,” ujarnya. (Adv)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Data DLH, Banyak Pohon Tua hingga Pangkal Pohon Dibakar

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …