Antisipasi Genangan di Musim Penghujan, 12 Saluran Dinormalisasi

Probolinggo – Salah satu upaya Pemkot Probolinggo mengantisipasi genangan saat musim hujan dengan normalisasi sungai dan saluran air. Sampai dengan saat ini, sudah ada 10 sungai yang sudah dinormalisasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP), Setyorini Sayekti, Kamis (27/10/2022).

“Sampai saat ini, PUPRPKP sudah melakukan normalisasi sebanyak 10 sungai dan saluran sungai di Kota Probolinggo. Sedangkan, dua sungai akan dinormalisasi dengan pengerukan minggu depan,” ujarnya.

Ke-10 sungai yang sudah dinormalisasi yakni Saluran Air Pakis, Saluran Air Kasbah, Saluran Air Essan 3, Saluran Air Essan 4, Saluran Air Randu, saluran air pembuangan Belokan, Saluran Air Kali Bron, Saluran Air Arum, Saluran Air Bangsingan, dan Kali Banger.

Sedangkan dua saluran air yang akan dilakulan normalisasi yakni saluran Primer Kedunggaleng dan saluran Dam Sukun. Normalisasi saluran air ini dilakukan oleh PUPRPKP dengan menggunakan tiga alat berat yakni tiga unit ekskavator.

Selain itu, untuk mengangkutan hasil pembersihan, normalisasi, PUPRPKP bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Sehingga untuk hasil pembersihan ini dibuang tidak di sembarang tempat.

“Dengan telah melakukan normalisasi saluran air, kami berharap ada partisipasi warga. Setidaknya dengan tidak membuang sampah atau rutin melakukan pembersihan secara kerja bakti di saluran air,” imbuhnya. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Cegah Banjir, Filter Penyaring Sampah Segera Dipasang di Sungai Legundi

Baca Juga

Sempat Mandek, Pembangunan Gedung Inspektorat Kota Probolinggo Bakal Dilanjutkan

Probolinggo,- Pembangunan gedung Inspektorat Kota Probolinggo yang sempat mandek pada tahun 2023 lalu, akan kembali …