Sentra PKL dan UMKM Akan Dibangun di Lima 5 RTH

Probolinggo – Pemkot Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) akan memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk sentra PKL dan UMKM. Meski dtempati sentra PKL dan UMKM, hal itu tidak akan mengubah fungsi RTH.

Kepala DKUPP, Fitriawati, mengatakan, sentra PKL dan UMKM ini akan dibangun di lima RTH di Kota Probolinggo. Yakni, RTH Kedopok, RTH Taman Maramis, RTH Semeru, RTH belakang PT. Eratex, dan di dalam GOR Mastrip.

“Untuk pembangunan sentra PKL dan UMKM ini tidak permanen, namun semi permanen. Di antaranya dengan standbooth dan pastinya tidak akan merusak dan mengubah fungsi RTH,” ujarnya, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, untuk proses penataan PKL dan UMKM di RTH, DKUPP akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Salah satunya, lokasi dipaving yang akan disiapkan DLH yang bekerja sama dengan DKUPP, di mana tidak akan menggunakan semen, sehingga dapat menyerap air.

Karena konsep sentra PKL dan UMKM untuk mempercantik dan memperindah dalam penunjang RTH, PKL dan UMKM yang akan masuk dan berjualan di RTH tidak akan banyak. Nantinya PKL dan UMKM tersebut akan diseleksi salah satunya nantinya yang akan dikual oleh DKUPP. Tentunya, PKL dan UMKM asal Kota Probolinggo yang nantinya akan menempatinya.

Karena di setiap RTH akan berbeda konsep, maka DKUPP akan melakukan seleksi, sehingga nantinya PKL dan UMKM yang berjualan di RTH dapat menudukung RTH menjadi sarana rekreasi dan berkumpul keluarga.

“Dengan pembangunan sentra PKL dan UKM ini, dapat mempercantik RTH, sehingga diharapkan dengan pembangunan ini, RTH dapat kembali ramai dikunjungi dan dimanfaatkan oleh warga,” ujarnya.

Untuk pembangunannya sendiri, dari lima RTH, empat RTH melalui proses lelang. Direncanakan, bulan Desember, pembangunan sentra PKL dan UMKM di lima RTH ini akan rampung.

Baca Juga  Gunung Semeru Landai, Pemulihan Kawasan Terdampak Mulai Dilakukan

“Diharapkan UMKM ini lebih berdaya lagi, lebih berkembang dan kreatif, karena sarana sudah kami siapkan. Selain itu RTH dengan sarana UMKM diharapkan dapat menjadi sarana rekreasi warga,” imbuh Fitriawati. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …