SEARAH: Jalan KH. Mansyur arah alun-alun yang diberlakukan satu arah dengan pemasangan barrier. (foto: Hafiz Rizani)

Warga Wajib Tahu! Ada Jalur Searah Tambahan di Alun-alun Kota Probolinggo 

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo melakukan uji coba jalan satu arah di Jalan A. Yani dan Jalan KH. Mansyur di sekitar Alun-alun Kota Probolinggo. Jalur searah tambahan ini mulai diuji coba selama sebulan, dan nantinya akan menunjang kawasan pedestrian alun-alun.

Jalur satu arah tambahan ini bagi kendaraan dari arah barat traffic light Polres Probolinggo Kota Jalan A. Yani yang hendak ke alun-alun tidak boleh menuju ke timur, dan harus menuju Jalan dr. Saleh.

Sementara bagi kendaraan yang hendak ke alun-alun dari arah perempatan KH. Mansyur tidak boleh menuju ke arah barat, namun harus menuju Jalan dr. Soetomo.

Kemudian bagi pengendara dari arah Jalan Trunojoyo tidak boleh menuju arah timur Jalan A. Yani. Serta kendaraan dari arah Jalan Agus Salim tidak boleh berbelok ke arah barat Jalan KH. Mansyur.

“Jadi untuk uji coba jalan searah tambahan ini mulai diujicobakan pada tanggal 1 Maret 2024, dan akan dilakukan selama satu bulan ke depan. Selain itu, untuk rambu-rambu sudah kami pasang akhir tahun 2023 menggunakan anggaran APBD,” ujar Kepala Dishub Kota Probolinggo, Agus Effendi.

Agus mengatakan, jalan searah yang diuji coba ini merupakan hasil rapat koordinasi stakeholder terkait di antaranya, Dishub Kota Probolinggo, dan Satlantas Polres Probolinggo Kota.

Selain itu, jalan satu arah tambahan ini juga untuk penataan parkir kawasan alun-alun yang dilakukan bertahap.

Selain itu pada tahun ini ada kerja sama dari Dinas PUPR PKP terkait pedestrian keliling alun-alun.

“Harapan kami, masyarakat segera mematuhi dan memahami sistem satu arah ini demi kelancaran dan ketertiban lalu lintas, meski tidak ada petugas. Nantinya setelah uji coba jika ada pengendara yang melanggar akan ditindak oleh satlantas,” tandas dia. (*)

Baca Juga  Pemkot-Bea Cukai Sosialisasikan Ketentuan Perundang-Undangan di Bidang Cukai

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …