PLENO: Rapat Pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, beberapa hari lalu. (foto: Asmadi).

Partai Gerindra Diprediksi Menangi Pemilu 2024 di Lumajang, KPU: Tunggu Rekapitulasi Provinsi

Lumajang,- Partai Gerindra diprediksi bakal menjadi pemenang Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang. Hal itu merujuk pada hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

DPC Partai Gerindra Kabupaten Lumajang mampu menempatkan 11 kadernya yang maju sebagai calon legislatif (caleg), meraih suara signifikan dan diprediksi lolos sebagai anggota dewan.

Jika partai besutan Prabowo Subianto itu mampu meraup 11 kursi di kota pisang, maka kader Gerindra akan menduduki jabatan sebagai ketua DPRD Lumajang. Pada pemilu sebelumnya, ketua dewan diduduki kader PKB yang meraup 10 kursi, sama dengan perolehan kursinya saat ini.

Ketua DPC Gerindra Lumajang, Indah Amperawati mengungkapkan rasa syukurnya atas perolehan kursi yang didapatkan pada Pemilu 2024 ini. Meski begitu, pihaknya masih akan menunggu keputusan resmi dari KPU Lumajang.

Namun, DPC Partai Gerindra Lumajang, menurut Indah, sudah mengantongi 4 nama yang akan diusulkan ke KPU Lumajang sebagai calon pimpinan dewan.

“Ada mekanismenya, kami nanti mengusulkan empat nama. Kalau orangnya masih belum, masih saya teliti. Karena banyak pertimbangan,” jelas dia.

Selain Partai Gerindra, Partai Golkar dan PPP juga mendapatkan tambahan kursi. Jika pada Pemilu 2019, Partai Golkar hanya sanggup menyegel 3 kursi, pada pemilu tahun ini partai berlambang beringin mendapatkan 4 kursi.

Sementara PPP yang pada Pemilu 2019 memperoleh 6 kursi, saat ini diyakini mendapatkan 7 kursi. Parpol yang perolehan suaranya merosot di Lumajang adalah PKS, yang hanya kebagian jatah 2 kursi, berkurang separo dari periode sebelumnya.

Anggota KPU Lumajang Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nur Ismandiana meminta semua kontestan Pemilu 2024, termasuk partai politik, bersabar menunggu hasil rekapitulasi tingkat provinsi.

Dijelaskan Nur, rekapitulasi tingkat provinsi untuk Kabupaten Lumajang, masih akan dilakukan pada 7 Maret 2024 besok.

Baca Juga  KPU Kota Probolingggo Tuntaskan Rekapitulasi Dua Kecamatan

“Kalau soal siapa pemenangnya kami belum bisa menjawab. Kita tunggu hasil dari rekapitulasi dari KPU provinsi saja dulu,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Setelah Ramdanu dan Mas Dion, Giliran Gus Mujib Daftar Bacabup ke PKB

Pasuruan,- Mantan Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib, mendaftarkan diri sebagai …