Ngemis untuk ‘Nyawer’ Biduan, Pria ini Ditertibkan Satpol PP

Kraksaan,- Muhammad alias Mul, warga Desa Alastengah, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, disergap Satpol PP setempat, Selasa (2/7/22) siang. Penyebabnya, Mul dianggap mengganggu ketertiban umum dengan pekerjaannya sebagai pengemis jalanan.

Ya, hampir setahun terakhir pengguna jalan di jalur Pantura dibuat risih dengan keberadaan Mul di traffic light Kraksaan Wetan. Meski sempat terjaring razia, namun hal itu tidak membuatnya kapok.

Dua hari terakhir, Mul menjadi sorotan publik. Sebab videonya saat ‘nyawer’ (memberikan uang) kepada biduan dangdut diatas pentas, beredar luas di media sosial.

Polisi Pamong Praja Muda pada Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo mengatakan, Mul diamankan petugas sekitar pukul 13.30 WIB. Kala itu, ia sedang mangkal di sekitar traffic light Kraksaan Wetan.

“Setelah mengetahui video viralnya pengemis ini (yang nyawer biduan), kami langsung mengamankan pengemis ini. Karena kesannya uang hasil minta-mintanya itu tidak digunakan untuk menafkahi keluarganya tapi untuk nyawer di acara dangdutan. Selain itu, ia juga sering memaksa ke warga,” ujar Budi.

Budi menambahkan, selain Mul, ada lima gelandangan dan pengemis (gepeng) lainnya yang diamankan Satpol PP dalam razia yang digelar sejak Senin (1/8/22) lalu.

“Total ada lima gepeng yang kami amankan termasuk si pengemis yang viral karena kelakuannya yang meresahkan warga ini. Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk kemudian ditindak llanjuti,” paparnya.

Budi menyebut, pihaknya mewanti-wanti kepada para gepeng yang terjaring razia, termasuk Mul, untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. Sebab aktivitas mereka merugikan orang lain, terutama pengguna jalan di jalur pantura.

“Jika mengulangi lagi, akan kami serahkan ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti. Ya kami sendiri sangat menyayangkan kelakuan si pengemis (Mul) ini kenapa nyawer di acara dangdutan dari hasil ngemis, kan tidak baik,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Solar Subsidi Langka, Pertamina Jatah Tiap SPBU

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …