Segera Terima 900 Dosis Vaksin PMK, 200 untuk Sapi Baru

Probolinggo – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo telah melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kukuk (PMK) bagi 700 sapi. Selanjutnya, vaksinasi tahap kedua akan dilakukan awal Agustus mendatang dengan tambahan 200 dosis untuk sapi baru, yang belum pernah divaksin.

Kabid Peternakan DPKPP, Suryanto mengatakan, pasca vaksinasi terhadap 700 sapi, penularan PMK di Kota Probolinggo cenderung melandai. Meski begitu, masih terdapat sapi yang terjangkit PMK, yakni yang memang belum divaksin PMK.

“Alhamdulillah setelah vaksin, penularan PMK di Kota Probolinggo melandai. Hal ini tak lepas dari upaya vaksinasi serta pemeriksaan dan penyekatan yang dilakukan oleh petugas gabungan saat pasaran sapi (Selasa dan Sabtu, Red.),” ujarnya, Selasa (19/7/2022).

Setelah vaksinasi dosis pertama (untuk 700 sapi), dosis kedua akan disuntikkan awal September 2022. Sebanyak 700 ekor sapi yang sebelumnya telah divaksin tahap pertama akan divaksin pada tahap kedua.

Tak hanya 700 dosis vaksin tahap kedua, Dinas Peternakan Provinsi Jatim juga menambah 200 dosis vaksin PMK untuk Kota Probolinggo. Dosis vaksin sebanyak itu diperuntukkan bagi 200 sapi yang belum baru atau belum pernah divaksin.

“Selain 700 ekor untuk vaksinasi tahap kedua, kami sudah mendata 200 sapi di lima kecamatan, yang nantinya akan divaksinasi, tentunya dengan syarat sapi harus sehat,” imbuh Suryanto.

Diketahui, sejak mewabahnya PMK di Kota Probolinggo, tercatat total delapan sapi mati. Sebagian besar sapi yang mati merupakan sapi anakan (pedet). (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Vaksin Covid-19 Didistribusikan, Berikut Pelayanan Vaksinisasi

Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …