Puluhan Hewan Kurban Disembelih di RPH Kota Probolinggo

Probolinggo – Memasuki Idul Adha, RPH Kota Probolinggo selama dua hari menerima puluhan hewan kurban milik warga yang hendak dipotong.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Rumah Pemotongan Hewan (UPT RPH) Kota Probolinggo, Moch. Effendi mengatakan, selama dua hari, 9-10 Juli, RPH menerima permintaan pemotongan hewan kurban baik dari warga maupun dari masjid.

Adapun jumlah hewan kurban yang disembelih pada 9 Juli meliputi sapi delapan dan satu domba. Sedangkan pada 10 Juli, ada 22 sapi dan 46 domba.

“Kita memiliki prosedur sendiri, di mana bagi hewan kurban yang hendak dipotong, sehari sebelumnya harus sudah dibawa ke RPH untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dibantaranya terkait PMK,” ujarnya, Sabtu (9/7/2022).

Jika nantinya ditemukan hewan kurban yang positif PMK, pihak RPH langsung melakukan karantina terhadap hewan tersebut. Sehingga tidak ada penularan ke hewan yang lain.

“Untuk penyembelihan hari Minggu, hewan ternak yang akan dipotong di RPH kemungkinan akan bertambah. Mengingat, Hari Raya Idul Adha pemerintah jatuh pada minggu besok,” imbuhnya.

Diketahui, sejak adanya PMK, jumlah sapi yang dipotong di RPH Kota Probolinggo menurun hampir 50%. Biasanya dalam sebulan RPH yang di Jalan Ahmad Yani ini, memotong 119 hewan ternak.

Namun sejak adanya PMK, hanya 60 ekor sapi yang dipotong di RPH. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tekan Lakalantas, Pemkab Probolinggo Tebar Marka Jalan

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …