Vaksinasi PMK di Kab. Probolinggo Ngebut, Capai 3.656 Dosis

Kraksaan,- Hingga sepekan menjelang hari raya qurban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo telah menyuntikkan 3.656 dosis vaksin untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak.

Hal itu diungkapkan Medik Veteriner Muda Dinas Peternakan (Disperta) Kabupaten Probolinggo Nicolas Nuryulianto. Sebelumnya, Pemkab Probolinggo mendapatkan jatah vaksin dari Dinas Peternakan (Disperta) Provinsi Jawa Timur sebanyak 9.000 dosis

“Alhamdulillah hingga Senin ini jumlah sapi yang sudah divaksin PMK sebanyak 3.656 dosis,” ujar Nicolas saat dimintai keterangan, Senin (4/7/22).

Jumlah tersebut, klaim Nicolas, hampir sesuai dengan target yang dicanangkan Disperta Provinsi Jawa Timur kepada Disperta Kabupaten Probolinggo.

“Kami ditarget sampai tanggal 7 Juli 2022, vaksin PMK bisa mencapai 4.624 ekor atau dosis pada sapi ternak yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Ia berharap, agar masyarakat Kabupaten Probolinggo ikut mensukseskan program vaksinasi PMK. Tujuannya, agar program yang dijalankannya tidak timpang dan protokol kesehatan PMK tetap terjaga.

“Masyarakat khususnya peternak dan dokter hewan atau petugas teknis peternakan harus bekerja sama dalam menjaga kesehatan ternak. Penanganan PMK ini bukan hanya tanggung jawab dokter hewan ataupun petugas teknis peternakan semata, masyarakat pun harus peduli untuk menjaga asupan pakan dan sanitasi kandang agar PMK bisa diatasi,” urai Nicolas. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Sepekan, Pendaftar PPS Tembus 3.906 Orang

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …