Sepekan Jelang Idul Adha, Penjualan Sapi Kurban di Pasar Grati Pasuruan Sepi

Pasuruan,- Dampak merebaknya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, membuat omset penjualan hewan qurban lesu. Padahal, Hari Raya Idul Adha 1443 H sudah akan digelar pada pekan depan.

Meski seluruh pasar hewan di Kabupaten Pasuruan sudah dibuka kembali, namun sapi-sapi yang dijual pedagang, kebanyakan anakan. Jumlahnya pun jauh lebih sedikit dibandingkan penjual kambing qurban.Pantauan PANTURA7.com di Pasar Hewan Grati, Sabtu (02/07/2022), hanya terlihat satu orang pedagang sapi yang berjualan. Apesnya, sapi anakan yang dijual, tidak banyak terjual.

“Ini hari pertama pasar dibuka, tidak ada peningkatan, sepi sekali,” kata seorang pedagang sapi asal Desa Sumberdawesari, Kecamatan Grati, Taram (45).

Menurutnya, penjualan sapi pada musim qurban tahun ini menurun drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dari sebelas sapi yang dijual sejak pagi tadi, hanya dua sapinya yang laku dibeli. Sapi yang dijual hanya sapi anakan.

“Sekarang sulit mencari sapi-sapi dewasa karena para peternak takut sapinya sakit tertular PMK dan resiko modalnya kan juga besar, ” jelas Taram.

Sementara itu, petugas teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan wilayah Kecamatan Grati, Tri Sakti Sugondo menjelaskan, kondisi pasar hewan sepi juga dikarenakan masih adanya pembatasan dari dinas.

Selain ternak yang dijual harus berasal dari wilayah kecamatan setempat, pihaknya juga mengecek kesehatan ternak yang datang ke Pasar Grati.

“Hari ini sapi yang datang cuma sapi anakan saja. Masih sepi mungkin karena baru pertama buka dan disamping itu masih dibatasi,” pungkasnya. (*)

Editor: Efendi Muhamad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pandemi Covid-19, Harga Ikan Tetap Stabil

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …